Tautan-tautan Akses

AS

Obama Lakukan Lawatan 4 Hari ke Eropa


Presiden Amerika Barack Obama hari Senin (2/6) bertolak menuju Eropa untuk lawatan selama 4 hari.

Presiden Amerika Barack Obama hari Senin (2/6) bertolak menuju Eropa untuk lawatan selama 4 hari.

Perlawatan pemimpin Amerika itu ke Eropa dilakukan ketika Rusia telah melakukan gerakan-gerakan yang mengancam di Ukraina.

Presiden Amerika Barack Obama hari Senin (2/6) bertolak menuju Eropa, untuk kemudian singgah di Polandia, Belgia dan Perancis.

Lawatan pemimpin Amerika itu terjadi sewaktu pemerintah Ukraina memerangi separatis pro-Rusia. Obama akan bertemu dengan presiden terpilih Ukraina Petro Poroshenko di Polandia.

Pada hari Rabu dan Kamis Presiden Obama juga akan bertemu sekutu-sekutu Amerika di Brussels, dalam pertemuan yang segera dipersiapkan begitu para pemimpin memutuskan untuk memboikot KTT G8 yang sedianya diselenggarakan di Sochi – Rusia pertengahan pekan ini. Pemboikotan ini merupakan tanggapan atas aneksasi Rusia terhadap Krimea bulan Maret lalu.

Di Perancis, Presiden Obama akan berbicara di Pantai Omaha – Normandi dalam upacara peringatan 70 tahun invasi sekutu terhadap pasukan Nazi dalam Perang Dunia Kedua.

Presiden Rusia Vladimir Putin juga akan menghadiri acara itu. Belum ada pertemuan yang dijadwalkan antara Presiden Putin dan Presiden Obama, tetapi Perdana Menteri Inggris David Cameron dijadwalkan akan bertemu Presiden Putin di Normandi.
XS
SM
MD
LG