Tautan-tautan Akses

AS

Obama Kunjungi Suaka Laut yang Baru Diperluas


Presiden Amerika Barack Obama menyapa personil militer setibanya di pangkalan udara Pearl Harbor-Hickam, 31 Agustus 2016 (AP Photo/Marco Garcia).

Presiden Amerika Barack Obama menyapa personil militer setibanya di pangkalan udara Pearl Harbor-Hickam, 31 Agustus 2016 (AP Photo/Marco Garcia).

Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Kamis (1/9), mengunjungi suaka laut terbesar di dunia, sepekan setelah ia menandatangani perluasan besar-besaran kawasan yang dilindungi itu ke perairan yang terletak di sebelah barat laut Kepulauan Hawaii.

Menjelang kunjungannya ke Monumen Laut Nasional Papahanaumokuakea, Rabu malam (31/8), Obama mengatakan dalam pertemuan para pemimpin negara-negara kepulauan Pasifik bahwa konservasi adalah bagian penting dalam masa kepresidenannya.

“Suaka laut adalah sebuah tempat yang sakral dan perlu diperlakukan seperti itu. Dan mulai sekarang suaka ini akan dipelihara bagi kepentingan generasi mendatang,” kata Obama.

Gedung Putih mengatakan kawasan yang terbentang seluas 362 ribu kilometer persegi itu merupakan rumah bagi lebih dari 7.000 spesies laut, dan kira-kira seperempat dari jumlah spesies itu tidak ditemukan di tempat lain di dunia.

Obama juga berbicara mengenai pentingnya mengatasi perubahan iklim. Ia mengatakan, tidak ada satu pun negara yang kebal dari ancaman itu dan bahwa dunia harus menangani hal itu secara bersama-sama.

"Saya kira, hanya sedikit orang yang lebih tahu dibanding para pemimpin negara-negara di kepulauan Pasifik mengenai apa yang dipertaruhkan karena mereka melihat langsung dampaknya. Temperatur dan permukaan laut yang meningkat merupakan ancaman terhadap negara-negara Anda,” kata Obama.

Presiden kemudian akan melawat ke China untuk menghadiri KTT G20 di mana ia mengatakan bahwa perubahan iklim akan menjadi prioritas utama agendanya. [ab/lt]

XS
SM
MD
LG