Tautan-tautan Akses

Obama Kunjungi Penduduk Flint untuk Bahas Krisis Air


Presiden Barack Obama meminum air di Flint yang sudah difilter selama briefing respon terhadap krisis air minum. Flint, Mich.

Presiden Barack Obama meminum air di Flint yang sudah difilter selama briefing respon terhadap krisis air minum. Flint, Mich.

Presiden Obama dijadwalkan bertemu warga Flint yang airnya tercemar dan meninjau penggunaan bantuan federal serta bertemu pejabat yang bertanggung jawab atas bank makanan dan penanganan krisis air minum.

Gedung Putih hari Selasa mengatakan bahwa kunjungan Obama itu menunjukkan dukungannya yang terus berlanjut bagi warga Flint.

John Earnest Juru bicara Gedung Putih mengatakan, “seperti yang dikatakan Presiden dalam suratnya minggu lalu kepada Mari Copeny yang dikenal di kota itu sebagai Little Miss Flint, penduduk Flint perlu mengetahui ketika sorotan media kepada Flint berakhir, dukungan pemerintah atas upaya dan tanggapan negara bagian dan setempat akan terus berlanjut.”

Krisis air minum itu merupakan akibat dari pengalihan sumber air dari sebuah perusahaan air di Detroit ke Sungai Flint, yang kadar garamnya tinggi. Garam - membuat pipa-pipa air berkarat dan menyebabkan timah bercampur ke dalam air minum. Kadar timah yang tinggi yang membahayakan mulai terindikasi dalam darah penduduk setempat. Hal ini bisa sangat – berdampak pada kesehatan anak-anak.

Dr. Mona Hanna-Attisha mengatakan “saya melihat satu keluarga di klinik, dan tampak ada kekhawatiran dan rasa panik di mata si ibu. Ada trauma karena mereka tidak tahu apa yang akan terjadi pada anak-anak mereka. Timah meracuni syaraf yang tidak bisa diatasi yang dapat menyebabkan masalah-masalah pada kognisi dan perilaku dalam jangka panjang”

Ketika krisis itu pecah tahun lalu, warga Amerika termasuk Presiden Obama marah.

“Anak-anak kita seharusnya tidak perlu khawatir mengenai air yang mereka minum di kota-kota Amerika. – Apa yang terjadi di Flint tidak bisa kita terima,” ujar Presiden Barack Obama.

Bulan lalu jaksa Michigan mengajukan tuntutan terhadap tiga pejabat terkait pasokan air minum yang terkontaminasi yang telah membahayakan kesehatan sekitar 100 ribu orang.

Demonstran menuntut pengunduran diri Geburnur Michigan Rick Snyder. Ia menyangkal melakukan tindakan salah apapun dan mengatakan akan meminta dana federal lebih banyak dalam pertemuannya dengan Presiden Obama.

“Saya kira ada ruang bagi kita untuk bekerja sama dan saya menghargai apa yang telah dilakukan tapi mari kita tetap bekerja keras dalam masalah ini. Ini adalah prioritas,” ujar Gubernur Michigan Rick Synder.

Synder secara terbuka minum air yang disaring dari Flint untuk menunjukkan keamanannya. Tapi penduduk mengatakan air minum itu bau bahan kimia. [my/al]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG