Tautan-tautan Akses

AS

Obama Khawatirkan Kasus Gegar Otak di Kalangan Anak Muda AS


Remaja di AS bermain sepakbola.

Remaja di AS bermain sepakbola.

Hampir 250.000 anak-anak dan dewasa muda pergi ke unit gawat darurat setiap tahun dengan cedera otak akibat olahraga dan aktivitas rekreasional lainnya.

Di Gedung Putih, Kamis (29/5), Presiden AS Barack Obama menjadi tuan rumah pertemuan para perwakilan liga olahraga profesional, pelatih, orangtua, atlet muda, peneliti dan yang lainnya, untuk meningkatkan kesadaran akan masalah gegar otak akibat aktivitas olahraga di kalangan anak muda.

Tidak cukup banyak diketahui sejauh mana cedera tersebut akan berdampak pada otak, menurut Institute Pengobatan dan Dewan Riset Nasional, dan isu ini menjadi keprihatinan presiden.

Obama suatu kali pernah mengatakan ia akan "berpikir lama dan keras" sebelum memperbolehkan seorang anak laki-laki bermain sepakbola karena risiko cedera kepala.

Pada pertemuan Kamis, Obama juga akan menyoroti janji jutaan dolar donasi dan dukungan lain dari liga sepakbola nasional NFL, Institut Kesehatan Nasional dan yang lainnya untuk melakukan riset yang dapat mulai memberikan jawaban dan meningkatkan keselamatan.

Gegar otak adalah sejenis cedera otak traumatis yang dapat disebabkan karena pukulan pada kepala. Hampir 250.000 anak-anak dan dewasa muda pergi ke unit gawat darurat setiap tahun dengan cedera otak akibat olahraga dan aktivitas rekreasional lainnya, menurut Gedung Putih.

NFL berkomitmen memberikan US$25 juta dalam tiga tahun mendatang untuk mempromosikan keselamatan olahraga di kalangan anak muda. (AP)
XS
SM
MD
LG