Tautan-tautan Akses

Obama Kecam Ucapan Trump Tentang Kepemimpinan Putin


Presiden Amerika Serikat Barack Obama sdalam konferensi pers di Hotel Landmark Mekong Riverside, Vientiane, Laos, 8 September 2016 (AP Photo/Carolyn Kaster).

Presiden Amerika Serikat Barack Obama sdalam konferensi pers di Hotel Landmark Mekong Riverside, Vientiane, Laos, 8 September 2016 (AP Photo/Carolyn Kaster).

Dari Laos, Presiden Amerika Barack Obama mengecam Donald Trump sebagai tidak layak untuk menjadi panglima tertinggi, setelah kandidat presiden dari Partai Republik itu mengatakan Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai seorang pemimpin daripada Obama.

“Saya kira orang itu tidak memenuhi syarat untuk menjadi presiden Amerika Serikat dan setiap kali dia berbicara opini itu pasti,” kata Obama dalam komentar yang tidak biasanya pedas tentang kontes presiden Amerika ketika sedang berada di luar negeri.

Rabu malam, Trump mengatakan dalam sebuah forum calon presiden yang ditayangkan televisi secara nasional bahwa Putin “jauh melebihi presiden kita telah menjadi pemimpin” dan bahwa para jenderal militer Amerika telah "runtuh” di bawah Obama.

Obama, pada akhir perjalanan kepresidenan terakhirnya ke Asia, mengatakan sebagai presiden, “Anda benar-benar harus tahu apa yang Anda bicarakan dan Anda benar-benar harus melakukan persiapan. Ketika Anda berbicara, itu harus benar-benar mencerminkan kebijakan yang telah dipikirkan matang-matang yang dapat dilaksanakan.”

Obama, yang menjadi pendukung setia lawan Trump, kandidat Partai Demokrat, mantan Menteri Luar Negeri Hillary Clinton, mengatakan, “Hal yang paling penting bagi masyarakat dan pers adalah dengan hanya mendengarkan apa yang dikatakannya dan menindaklanjuti dengan mengajukan pertanyaan atas apa yang tampaknya sebagai gagasan yang bertentangan atau yang sama sekali aneh.” [lt]

XS
SM
MD
LG