Tautan-tautan Akses

AS

Obama Akan Berkunjung ke China, Laos Sebagai Lawatan Asia Terakhir


Presiden AS Barack Obama tiba di Gedung Putih dengan helikopter marinir (5/7),

Presiden AS Barack Obama tiba di Gedung Putih dengan helikopter marinir (5/7),

Lawatan itu juga akan menjadi kesempatan bagi Presiden Obama untuk mempromosikan perjanjian perdagangan Kemitraan Trans Pasifik (TPP), bagian penting dari strateginya di Asia.

Bulan depan Presiden Amerika Barack Obama akan melakukan kunjungan resmi yang diperkirakan merupakan yang terakhir ke Asia.

Gedung Putih hari Kamis (18/8) mengatakan bahwa Obama akan berangkat tanggal 2 September ke China untuk menghadiri KTT G20 di Hangzhou.

Ia kemudian akan menuju Laos, menjadikannya presiden Amerika pertama berkunjung ke negara Asia Tenggara itu.

Di China, Obama akan memusatkan perhatian pada pentingnya kesetaraan dan kesempatan ekonomi yang luas, kata juru bicara Gedung Putih Josh Earnest.

Ia juga akan mengadakan pertemuan dengan Presiden Xi Jinping di tengah ketegangan yang terus meningkat di kawasan itu terkait sengketa Laut China Selatan dan ambisi nuklir Korea Utara.

Di Laos, Obama akan menghadiri pertemuan AS-ASEAN dan mengadakan pembicaraan dengan Presiden Bounnhang Vorachith serta pejabat penting lainnya untuk memajukan kerjasama ekonomi, pembangunan dan antar warga Amerika-Laos.

Lawatan itu juga akan menjadi kesempatan bagi Presiden Obama untuk mempromosikan perjanjian perdagangan Kemitraan Trans Pasifik (TPP), bagian penting dari strateginya di Asia yang ia harapkan akan disetujui Kongres sebelum masa jabatannya berakhir 20 Januari.

Selama menjabat di Gedung Putih, Obama ingin “menyesuaikan” kebijakan pertahanan dan ekonomi Amerika untuk menghadapi peningkatan pengaruh China di kawasan itu. [my/al]

XS
SM
MD
LG