Tautan-tautan Akses

Obama Kampanye untuk Clinton Sementara Ia Beristirahat


Presiden AS Barack Obama saat tampil dalam kampanye bersama Hillary Clinton di Charlotte, North Carolina, 5 Juli lalu (foto: dok). Obama akan berbicara di sebuah kampanye Clinton di Philadelphia, Selasa (13/9).

Presiden AS Barack Obama saat tampil dalam kampanye bersama Hillary Clinton di Charlotte, North Carolina, 5 Juli lalu (foto: dok). Obama akan berbicara di sebuah kampanye Clinton di Philadelphia, Selasa (13/9).

Capres AS dari partai Demokrat, Hillary Clinton sedang beristirahat beberapa hari untuk memulihkan diri dari pneumonia.

Presiden Amerika Barack Obama hari Selasa (13/9) berkampanye untuk mantan menteri luar negeri, Hillary Clinton, sementara ia mengambil waktu beberapa hari untuk memulihkan diri dari pneumonia atau radang paru-paru.

“Saya sangat ingin melihat Hillary terpilih,” kata Obama kepada para pendukung Hillary yang berkumpul di kota Philadelphia, di mana Clinton perlu mendapat dukungan kuat untuk mengalahkan Donald Trump dari partai Republik dalam pemilihan umum tanggal 8 November.

“Saya telah menyaksikan bagaimana pandai, bijaksana dan tegarnya Clinton. Saya bisa melihat itu semua dari dekat selama empat tahun,” kata Obama tentang menteri luar negerinya dari tahun 2009 sampai 2013.

Ia mencemooh Trump dengan mengatakan bahwa tokoh partai Republik itu “sama sekali tidak pantas untuk mewakili Amerika di forum dunia dan menjadi panglima tertinggi angkatan bersenjata kita.”

Obama juga memandang enteng pujian Donald Trump bagi Presiden Rusia Vladimir Putin. Katanya, Putin adalah pemimpin yang kuat, “karena ia menyerbu negara-negara yang lebih kecil, memenjarakan lawan-lawan politiknya, mengontrol media dan mendorong perekonomiannya ke dalam jurang resesi yang berlangsung lama.”

Ia menambahkan, “Saya harus berhadapan dan berurusan dengan Putin. Saya harus mengatur bisnis dengan Russia. Itu adalah bagian dari kebijakan luar negeri, tapi saya tidak berulang kali mengatakan bahwa ia adalah contoh yang harus saya tiru.”

Obama mengatakan hal itu dalam kampanye solonya yang pertama untuk mendukung Clinton, yang masih berada di rumahnya di New York setelah terkena radang paru-paru. Clinton berjanji kepada pendukungnya ia akan kembali berkampanye menjelang akhir minggu ini.

Sementara itu, Trump berkampanye di kawasan pedesaan di negara bagian Iowa dimana ia berjanji akan menarik kembali perusahaan-perusahaan Amerika yang pindah ke luar negeri karena mencari upah yang lebih murah dan keuntungan yang lebih besar. Kedua calon presiden itu akan mengadakan debat langsung pertama pada tanggal 26 September, enam minggu sebelum pemilihan presiden. [isa/sp]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG