Tautan-tautan Akses

AS

Presiden Obama Janjikan Reformasi Dinas Pajak AS


Presiden Barack Obama menjanjikan reformasi dinas pajak AS (IRS) setelah munculnya skandal pejabat IRS yang menarget kelompok-kelompok konservatif (16/5).

Presiden Barack Obama menjanjikan reformasi dinas pajak AS (IRS) setelah munculnya skandal pejabat IRS yang menarget kelompok-kelompok konservatif (16/5).

Dalam konferensi pers di Gedung Putih hari Kamis (16/5), Presiden Obama mengatakan ia tidak mengetahui mengenai penyalah gunaan wewenang oleh pejabat-pejabat pajak.

Presiden Amerika Barack Obama berjanji untuk membenahi penyalah gunaan wewenang di dinas pajak pemerintah (IRS), sementara membela penyidikan mengenai bocornya rahasia keamanan nasional yang mengarah pada penyitaan kontroversial atas arsip telephone kantor berita.

Dalam konferensi pers di Gedung Putih hari Kamis (16/5), Presiden Obama mengatakan ia tidak mengetahui mengenai penyalah gunaan wewenang oleh pejabat-pejabat pajak yang menargetkan kelompok-kelompok konservatif sebelum sebuah laporan mengenai masalah itu dibocorkan kepada media minggu lalu.

Presiden Obama mengatakan yang serta merta menjadi fokusnya adalah memastikan masalah dinas pajak itu dibenahi dan bahwa dinas pajak itu tidak dapat memihak pada satu pandangan politik saja daripada pandangan politik lainnya.

Presiden Obama telah berjanji untuk memastikan IRS tidak terlibat dalam politik partisan dan mengatakan ia akan bekerjasama dengan Kongres dalam pengawasan.

Presiden Obama menambahkan ia yakin sepenuhnya pada Jaksa Agung Eric Holder yang telah memerintahkan penyidikan pidana atas masalah itu.

Pejabat sementara IRS Steven Miller hari Rabu dipecat karena skandal itu. Pemimpin Partai Republik di Senat Mitch McConnell hari Kamis mengatakan, pemecatan itu merupakan sebuah “langkah simbolis penting” namun penyidikan tuntas mengenai perbuatan salah oleh IRS harus dilanjutkan.

Presiden Obama mengangkat seorang pejabat anggaran Gedung Putih, Daniel Werfel sebagai direktur sementara IRS sampai akhir September.
XS
SM
MD
LG