Tautan-tautan Akses

Obama Janjikan Kerjasama Lebih Dalam dengan Malaysia


Presiden AS Barack Obama dalam konferensi pers bersama PM Malaysia Najib Razak.

Presiden AS Barack Obama dalam konferensi pers bersama PM Malaysia Najib Razak.

Presiden Amerika Barack Obama mengadakan pembicaraan dengan PM Malaysia dalam persinggahan ketiga dalam lawatan empat negaranya ke Asia. Kunjungan ke Malaysia itu merupakan kunjungan presiden Amerika pertama selama hampir lima dekade.

Pada konferensi pers bersama, PM Najib Razak mengungkapkan terimakasihnya atas bantuan Amerika dalam pencarian pesawat Malaysia Airlines nomor penerbangan 370. Obama menjanjikan akan terus menyediakan bantuan dalam pencarian pesawat itu, yang telah hilang selama tujuh pekan.

Kedua pemimpin itu mengatakan mereka telah sepakat untuk memperbaiki hubungan tingkat tinggi ke kemitraan komprehensif, dan untuk bekerjasama dalam pakta perdagangan Kemitraan Trans-Pasifik dan Inisiatif Keamanan Proliferasi Nuklir, yang keduanya ditentang Malaysia di masa lalu.

Ketika ditanya mengenai catatan HAM Malaysia, Obama mengatakan, Malaysia telah membuat kemajuan dalam HAM, namun masih ada sejumlah hal yang harus diperbaiki. Ia menambahkan bahwa Amerika juga mengalami situasi yang sama.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG