Tautan-tautan Akses

Obama Jamu Presiden Meksiko di Tengah Ketegangan Perang Narkoba


Presiden AS Barack Obama (kanan) dan Presiden Meksiko Felipe Calderon di Ruang Timur Gedung Putih, Washington, Kamis (3/3).

Presiden AS Barack Obama (kanan) dan Presiden Meksiko Felipe Calderon di Ruang Timur Gedung Putih, Washington, Kamis (3/3).

Presiden AS Barack Obama menegaskan kembali dukungan Amerika dalam perjuangan Meksiko melawan pengedar narkoba.

Presiden Amerika Barack Obama menerima kunjungan Presiden Meksiko Felipe Calderon untuk pembicaraan tentang perjuangan Meksiko dalam perang narkoba yang semakin banyak korbannya dan upaya-upaya menjamin keamanan di kedua sisi perbatasan.

Obama memberitahu para wartawan di Gedung Putih, Kamis, bahwa Amerika dan Meksiko mempererat kerjasama dalam perang melawan kartel narkoba. Obama menegaskan kembali dukungan Amerika bagi perjuangan Meksiko melawan pengedar narkoba. Ia mengatakan kekerasan di Meksiko telah merenggut puluhan ribu jiwa, dan menyebut pembunuhan seorang petugas Imigrasi dan Bea Cukai Amerika di Meksiko baru-baru ini.

Menurutnya, Amerika kini mengambil berbagai langkah untuk mengurangi permintaan narkoba dan menghentikan arus senjata ke Meksiko.

Presiden Calderon juga menekankan perlunya kerjasama untuk mengatasi tantangan-tantangan yang dihadapi bersama.

Lebih dari 34.000 orang tewas sejak Presiden Calderon melancarkan tindakan keras terhadap kartel narkoba tahun 2006. Calderon telah mengerahkan ribuan tentara dalam perang melawan kartel-kartel narkoba.

XS
SM
MD
LG