Tautan-tautan Akses

AS

Obama Jadi Tuan Rumah KTT G-8 dan NATO


Pertemuan di Camp David dari kiri: PM Yoshihiko Noda, PM Mario Monti, PM Stephen Harper, Presiden F.Hollande, Presiden Barack Obama, PM David Cameron, PM Dmitri Medvedev, Kanselir Angela Merkel, Presiden Herman Van Rompuy dan President JM Barosso (18/5).

Pertemuan di Camp David dari kiri: PM Yoshihiko Noda, PM Mario Monti, PM Stephen Harper, Presiden F.Hollande, Presiden Barack Obama, PM David Cameron, PM Dmitri Medvedev, Kanselir Angela Merkel, Presiden Herman Van Rompuy dan President JM Barosso (18/5).

Presiden Amerika Barack Obama membuka KTT ekonomi G8 di tempat peristirahatan kepresidenan Camp David di luar Washington, Jumat (18/5).

Penasehat Keamanan Amerika Tom Donilon mengatakan kepada wartawan hari Kamis, para pemimpin negara G8 diperkirakan akan membahas pasar minyak global, energi dan iklim, transisi di Timur Tengah dan Afrika Utara serta krisis hutang zona Euro selama KTT dua hari itu.

Presiden Obama juga mengundang para pemimpin dari negara-negara Afrika, Benin, Ethiopia, Ghana dan Tanzania pada KTT tersebut untuk membahas keamanan pangan di benua Afrika.

Sebelum menuju Camp David, Presiden Obama menyambut Presiden baru Perancis, Francois Hollande di Gedung Putih untuk pertemuan langsung mereka yang pertama. Hollande yang baru dilantik minggu ini menyerukan perubahan dalam fokus Eropa sekarang mengenai penghematan menjadi pembahasan krisis hutang di wilayah zona euro.

Perjanjian penghematan menyebabkan kebuntuan politik di Yunani yang dilanda masalah keuangan dimana para pemilih menolak partai-partai politik yang menyepakati pemangkasan tajam anggaran sebagai imbalan bagi bantuan keuangan.

Kanselir Jerman Angela Merkel, penggerak utama perjanjian penghematan Zona Euro akan bergabung dengan Presiden Obama dan Presiden Hollande di Camp David, ditambah para pemimpin Canada, Inggris, Italia, Jepang dan Russia. Perdana Menteri Russia Dmitri Medvedev hadir mewakili Presiden Vladimir Putin.

Presiden Hollande juga akan berperan penting dalam KTT NATO yang akan dimulai hari Minggu di kota asal Presiden Obama, Chicago. Presiden baru Perancis itu berjanji akan menarik seluruh tentaranya dari Afghanistan menjelang akhir tahun ini, dua tahun sebelum semua pasukan NATO dijadwalkan untuk meninggalkan negara itu.

Donilon mengatakan pertemuan aliansi itu adalah kesempatan untuk membahas transisi pasukan Afghanistan mengambil alih memimpin keamanan dari pasukan internasional. Menurutnya, perundingan itu akan didasarkan pada kemajuan yang telah dibuat dan rencana-rencana yang disampaikan Presiden Obama dalam kunjungan baru-baru ini ke Afghanistan.

Presiden Obama dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden Afghanistan Hamid Karzai disela-sela perundingan hari Minggu. Ia mengatakan saat ini tidak ada rencana untuk mengadakan pertemuan pribadi dengan Presiden Pakistan Asif Ali Zardari.
XS
SM
MD
LG