Tautan-tautan Akses

AS

Obama Jadi Presiden AS Pertama yang akan Kunjungi Laos


Presiden AS Barack Obama (tengah) saat menghadiri KTT ASEAN 13 November 2014 di Naypyitaw, Myanmar (foto: dok).

Presiden AS Barack Obama (tengah) saat menghadiri KTT ASEAN 13 November 2014 di Naypyitaw, Myanmar (foto: dok).

Presiden AS Barack Obama berencana mengunjungi Laos untuk menghadiri KTT ASEAN di negara itu tahun depan.

Presiden Barack Obama akan menjadi presiden Amerika pertama yang mengunjungi Laos ketika ia menghadiri KTT ASEAN di negara itu tahun depan.

Asisten presiden dan wakil penasehat keamanan nasional Ben Rhodes hari Rabu di depan cendekiawan think tank menjelang lawatan bersejarah itu mengatakan, "ada potensi" terjalin hubungan antara Amerika dan Laos "untuk pertama kali setelah waktu lama."

Menurut Rhodes, kemitraan kedua negara akan mencakup pembangunan yang terpusat pada berbagai bidang seperti kesehatan, gizi dan pendidikan dasar. "Amerika semakin menjadi mitra sejati pemerintah Laos," ujar Rhodes.

Rhodes baru kembali dari perjalanan ke Asia Tenggara, antara lain untuk menyiapkan landasan kerja KTT ASEAN tahun depan. Kepada cendekiawan di Center for Strategic and International Studies, Washington, ia mengatakan, Amerika dilihat melalui lensa sejarah di kawasan itu dan "di Laos, lensa sejarah itu buruk" dikaitkan dengan serangan bom dalam invasi Amerika ke Laos sebagai bagian dari perang Vietnam tahun 1970-an.

Tetapi Rhodes mengatakan, berbagai program Amerika seperti program bagi pemimpin muda, mengubah persepsi lama itu. Ia berpendapat program, yang baru saja diperluas ke Asia Tenggara itu, dengan cepat menjadi sangat popular di sana. [ka]

XS
SM
MD
LG