Tautan-tautan Akses

AS

Obama Instruksikan Tim Keamanan Nasional Percepat Usaha Perangi ISIS


Obama

Obama

Merujuk pada gencatan senjata yang diupayakan AS dan Rusia di Suriah, Obama mengatakan AS akan melakukan segala hal untuk membantu menegakkan kesepakatan itu

Dengan gencatan senjata di Suriah yang diperkirakan mulai berlaku Sabtu, Presiden AS Barack Obama mengatakan, mengakhiri konflik di Suriah dan Irak bermanfaat dalam mengalahkan jaringan teroris ISIS.

Ia mengatakan, situasi di Suriah dan Irak merupakan salah satu dari masalah paling kompleks yang dialami dunia pada masa kini. Ia mengatakan, ISIS eksis, termasuk di kawasan-kawasan perkotaan dengan menggunakan warga sipil sebagai tameng manusia.

Ia menambahkan, perang di Suriah merupakam perang proksi antara kekuatan-kekuatan regional, yang mencerminkan persaingan sektarian yang dalam.

Obama mengeluarkan pernyataan tersebut setelah pertemuan dengan para pejabat tinggi keamanan di kantor Departemen Luar Negeri. Ia mengatakan, ada indikasi aliran pejuang asing ke Suriah menurun sehingga mempersulit militan untuk kembali memperkokoh diri.

Merujuk pada gencatan senjata yang diupayakan AS dan Rusia di Suriah, Obama mengatakan AS akan melakukan segala hal untuk membantu menegakkan kesepakatan itu.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov, Jumat, akan menjadi tuan rumah pertemuan forum Kerjasama Rusia-Arab di Moskow, di mana ia berjanji bahwa pertemuan itu akan terfokus pada usaha mengakhiri konflik di Suriah. [ab]

XS
SM
MD
LG