Tautan-tautan Akses

Obama Inginkan Hubungan Kemitraan dengan Afrika


Presiden AS Barack Obama dan Presiden Senegal Macky Sall dalam konferensi pers bersama di Dakar, Kamis (27/6).

Presiden AS Barack Obama dan Presiden Senegal Macky Sall dalam konferensi pers bersama di Dakar, Kamis (27/6).

Presiden Barack Obama mengatakan Amerika menginginkan hubungan dengan Afrika berdasarkan perdagangan dan kemitraan bukan bantuan dan pertolongan.

Presiden AS Barack Obama mengeluarkan pernyataan itu pada sebuah konferensi pers dengan Presiden Senegal Macky Sall di Dakar hari Kamis (27/6).

Presiden mengatakan, alasan lawatannya ke Afrika adalah karena benua itu sedang bangkit dan ia tidak ingin Amerika kehilangan kesempatan untuk memperluas dan memperdalam hubungan-hubungan di kawasan itu.

Obama menyebut Senegal salah satu demokrasi paling stabil di Afrika, dan mengatakan, negara itu sedang bergerak di arah yang benar.

Juga Kamis, dia bertemu para pemimpin yudisial regional di Dakar untuk membahas bagaimana Amerika Serikat dapat membantu negara-negara Afrika dalam membangun "peradilan dan sistem hukum yang lebih kuat."

Katanya masyarakat lebih kuat bila ada pengawasan terhadap kekuasaan pemerintah dan bila masyarakat mengetahui bahwa hak-hak mereka akan dilindungi.

Senegal adalah perhentian pertama Obama dalam lawatan tiga negara Afrika untuk mempromosikan perdagangan, investasi dan demokrasi. Dari Senegal, Obama akan ke Afrika Selatan.
XS
SM
MD
LG