Tautan-tautan Akses

AS

Obama Ingin Naikkan Pajak Orang-orang Terkaya Amerika


Presiden Amerika Barack Obama telah menyampaikan pidato kenegaraan tahunannya dihadapan Kongres baru yang didominasi Partai Republik yang menentang keras seruannya mengenakan pajak yang lebih tinggi pada orang-orang terkaya Amerika.

Obama memulai tahun ketujuhnya sebagai pemimpin Amerika dan menyampaikan pidato kenegaraannya sebelum pidato kenegaraan terakhirnyatahun depan.

Survei publik menunjukkan Obama menikmati kepopuleran baru selagi ekonomi Amerika terus meningkat. Banyak pemilih meskipun tidak semuanya, menyetujui normalisasi hubungan dengan Kuba baru-baru ini dan upaya untuk memungkinkan imigran ilegal tinggal dan bekerja di Amerika

Namun untuk pertama kalinya dalam jabatannya sebagai presidendari partai Demokrat menghadapi Kongres di mana Partai Republik menguasai Senat dan DPR setelah meraup kemenangan besar dalam pemilihan bulan November lalu. Banyak pihak Republik berusaha membatalkan kebijakan Kuba dan imigrasi Obama, sambil terus menentang reformasi asuransi kesehatannya yang sudah berjalan lima tahun.

Obama akan meminta kenaikan pajak atas keuntungan perseorangan dari penjualan aset-aset seperti saham, obligasi, dan real estate, mengakhiri keringanan pajak untuk bangunan warisan yang bernilai jutaan dolar, dan menetapkan biaya bagi perusahaan keuangan terbesar di negara. Presiden Obama ingin menggunakan pendapatan tersebut yang diperkirakan $ 320 miliar dolar selama 10 tahun ke depan - untuk mengimbangi keringanan pajak bagi kaum berpendapatan menengah Amerika dan memberikan kuliah gratis bagi mahasiswa perguruan tinggi.

XS
SM
MD
LG