Tautan-tautan Akses

Obama Ingin Jalin Hubungan Harmonis dengan Tiongkok


Presiden Barack Obama kembali bertugas di Gedung Putih pada hari Selasa setelah liburan akhir tahunnya.

Presiden Barack Obama kembali bertugas di Gedung Putih pada hari Selasa setelah liburan akhir tahunnya.

Menjelang kunjungan Presiden Hu Jintao, Presiden Obama menekankan kembali niatnya menjalin hubungan bilateral yang harmonis dengan Tiongkok.

Presiden Amerika Barack Obama menegaskan kembali tekadnya untuk membina hubungan bilateral yang baik dengan Tiongkok dalam pertemuan di Washington dengan Menteri Luar Negeri Tiongkok Yang Jiechi.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan Selasa malam, Gedung Putih menyebut Obama mengatakan kepada Yang, ia menghendaki hubungan yang “menyeluruh jangkauannya, positif dalam pencapaian, dan kooperatif.”

Obama ikut serta dalam pertemuan di Gedung Putih antara Yang dan Penasehat Keamanan Nasional Amerika Tom Donilon, di mana keduanya membicarakan persiapan kunjungan kenegaraan bulan ini ke Washington oleh Presiden Tiongkok Hu Jintao.

Gedung Putih mengatakan Donilon menggunakan pembicaraan tersebut untuk menekankan pentingnya pengurangan ketidak-seimbangan dalam ekonomi global dan dalam perdagangan Amerika-Tiongkok. Amerika Serikat telah mendesak Tiongkok agar membiarkan nilai mata uangnya meningkat dengan lebih cepat.

Pertemuan juga membahas usaha menghentikan program senjata nuklir di Korea Utara dan Iran, dan langkah-langkah menuju keberhasilan referendum hari Minggu di Sudan Selatan.

XS
SM
MD
LG