Tautan-tautan Akses

Obama Ingin Hubungan Lebih Erat dengan India


Presiden AS Barack Obama

Presiden AS Barack Obama

Presiden Barack Obama akan menjadi tuan rumah Dialog Strategis Amerika-India yang akan berlangsung empat hari di Washington.

Pemerintahan Obama sedang berusaha untuk meningkatkan hubungan dengan India dalam Dialog Strategis Amerika-India yang akan berlangsung selama empat hari di Washington, mulai hari ini.

Asisten Menteri Luar Negeri Amerika urusan Asia Tengah dan Selatan Bob Blake mengatakan kepada wartawan, Presiden Barack Obama menganggap India sebagai mitra yang tidak dapat digantikan. Menurut Blake, India sangat penting perannya sebagai adalah demokrasi yang terbesar di dunia, sekaligus negara dengan ekonomi yang bertumbuh dengan laju yang kedua tercepat di dunia. Kekuatan ekonomi India, menurut Blake, membuatnya menjadi tujuan ekspor yang sangat penting bagi perusahaan-perusahaan Amerika.

Obama menunjukkan semakin pentingnya India di gelanggang dunia, ketika ia mengadakan jamuan makan malam bagi Perdana Menteri Manmohan Singh di Gedung Putih pada bulan November lalu. Jamuan makan malam tersebut merupakan jamuan makan malam kepresidenannya yang pertama dalam masa kepresidenannya. Seorang presiden Amerika biasanya jarang mengadakan jamuan seperti ini, ditujukan untuk menyambut khusus tamu-tamu terpilih.

Tetapi, para pengamat mengatakan hubungan antara Washington dan New Delhi telah menderita dalam tahun pertama masa jabatan Obama, karena pemerintahan Obama memusatkan lebih banyak perhatian pada Pakistan, yang merupakan tetangga dan saingan India.

XS
SM
MD
LG