Tautan-tautan Akses

AS

Obama Ingin Calon Hakim Agung yang Pahami Kehidupan Warga AS


Presiden AS Barack Obama berbicara soal nominasi calon hakim Mahkamah Agung pengganti Scalia, Rabu (24/2).

Presiden AS Barack Obama berbicara soal nominasi calon hakim Mahkamah Agung pengganti Scalia, Rabu (24/2).

Presiden Obama belum mengatakan kapan ia berencana mengumumkan pilihannya untuk mengisi kekosongan hakim agung setelah meninggalnya Antonin Scalia.

Presiden Amerika Barack Obama mengatakan calon yang akan dinominasikannya sebagai anggota hakim Mahkamah Agung Amerika adalah seseorang yang memahami bagaimana putusan pengadilan bisa menimbulkan dampak pada kehidupan sehari-hari warga Amerika.

Dalam artikel di situs internet SCOTUSblog hari Rabu (24/2), Obama tidak memberi petunjuk kapan ia berencana mengumumkan pilihannya untuk mengisi kekosongan jabatan setelah meninggalnya Antonin Scalia, selain mengatakan bahwa nominasi akan disampaikan “dalam beberapa pekan mendatang”.

Beberapa pemimpin fraksi Republik di Senat mengatakan akan mengabaikan pilihan Obama, dengan tidak melangsungkan dengar pendapat atas calon atau pilihan tersebut. Beberapa anggota fraksi Republik di Senat mengatakan akan membiarkan posisi seumur hidup itu kosong, hingga terpilihnya presiden mendatang – siapa pun yang terpilih bulan November nanti dan mulai menjabat pada Januari 2017 – ketika masa jabatan delapan tahun Obama berakhir.

Presiden Obama mengatakan memahami “postur” fraksi Republik tentang nominasi tersebut dan perpecahan politik yang timbul. [em]

XS
SM
MD
LG