Tautan-tautan Akses

AS

Obama Ingin AS Tampung Lebih Banyak Pengungsi pada 2017


Presiden Barack Obama, 13 September 2016 di Eakins Oval, Philadelphia. (AP Photo/Matt Rourke).

Presiden Barack Obama, 13 September 2016 di Eakins Oval, Philadelphia. (AP Photo/Matt Rourke).

Presiden Barack Obama telah menetapkan target untuk menerima 110.000 pengungsi di Amerika Serikat pada tahun anggaran 2017, sekitar 10.000 lebih banyak dari target semula atau sekitar 30 persen lebih tinggi dari tahun ini.

Sebuah media berita melaporkan, Menlu Amerika Serikat John Kerry mengumumkan target penampungan baru ini pada sidang tertutup dengan para anggota komisi-komisi yudisial DPR dan Senat Amerika Serikat, Selasa (13/9).

Terakhir kali Amerika Serikat menetapkan target penampungan setinggi yang ditetapkan Obama adalah pada masa kepresidenan Bill Clinton pada 1995. Ketika itu, Clinton sepakat menerima 112.000 pengungsi, selama tahun anggaran 2015, Amerika Serikat hanya menampung 70.000 pengungsi.

Laporan yang diperoleh Politico itu menyebutkan pemerintahan Obama ingin menerima jumlah pengungsi dari Suriah yang secara signifikan lebih besar pada tahun depan, setelah tahun ini mencapai target yang ditetapkan sebulan sebelum batas waktu yang ditetapkan.

Obama kemungkinan akan secara resmi mengumumkan rencana penerimaan pengungsi ini sebelum menghadiri sebuah KTT mengenai pengungsi pada sidang Majelis Umum PBB pekan depan. [ab/as]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG