Tautan-tautan Akses

AS

Obama Imbau Kongres agar Pemerintah AS Tetap Beroperasi


Presiden Barack Obama mendesak DPR AS agar segera menyetujui anggaran untuk mendanai pemerintah (27/9).

Presiden Barack Obama mendesak DPR AS agar segera menyetujui anggaran untuk mendanai pemerintah (27/9).

Presiden Amerika Barack Obama mendesak DPR agar menyetujui anggaran untuk mendanai pemerintah tanpa meniadakan undang-undang asuransi kesehatannya.

Kepada wartawan Gedung Putih hari Jumat (27/9), Presiden Obama mengatakan, fraksi Republik di DPR harus menghentikan apa yang ia sebut "adu kekuatan politik.''

Ketua DPR John Boehner, dari fraksi Republik, menuduh justru presiden sendiri yang "menunjukkan kekuatan politiknya", dan menyatakan Obama bahkan menolak ikut dalam proses itu. Komentar tersebut disampaikan beberapa jam setelah Senat menyetujui keputusan anggaran sementara pemerintah yang mendanai undang-undang asuransi kesehatan.

DPR telah menyetujui RUU anggaran versinya sendiri tanpa mendanai undang-undang itu, yang dikenal sebagai Undang-Undang Asuransi Terjangkau. Jika kedua majelis di Kongres tidak bisa mencapai kesepakatan pada Senin tengah malam, maka akan terjadi penutupan sebagian pemerintah mulai Selasa, 1 Oktober.

Tenggat waktu lain, 17 Oktober, semakin dekat dimana Kongres harus melakukan pemungutan suara guna menaikkan otoritas pinjaman pemerintah. Jika pada tanggal itu tidak tercapai kesepakatan, maka untuk pertama kalinya Amerika akan menunggak pembayaran utangnya.

Presiden Obama hari Jumat mengatakan jika Kongres tidak menaikkan apa yang disebut "pagu utang," maka akan timbul dampak "sangat mengguncang” pada ekonomi Amerika dan dunia.
XS
SM
MD
LG