Tautan-tautan Akses

Obama Hendaki Kongres Garap Reformasi Imigrasi


Obama menghendaki dukungan kedua partai bagi reformasi imigrasi yang menyeluruh.

Kongres kurang keinginan dalam melakukan reformasi imigrasi. Presiden Amerika Barack Obama mengatakan tersebut, dan menambahkan bahwa penyebabnya mungkin karena Kongres masih mengerjakan rancangan undang-undang mengenai masalah-masalah seperti energi sebelum pemilu bulan November.

Obama mengatakan pada hari Rabu, ia menghendaki dukungan kedua partai bagi reformasi imigrasi yang menyeluruh. Pada hari Rabu pula, Fraksi Demokrat dalam Kongres menyatakan protesnya terhadap undang-undang imigrasi baru di negara bagian Arizona yang hendak menindak imigran ilegal.

Ketua Satuan Tugas Imigrasi dari Kaukus Anggota Kongres dari keturunan Amerika Latin, Luis Gutierrez, mengatakan undang-undang tersebut mendiskriminasi orang berdasarkan ras. Anggota Kongres dari Illinois Jan Schakowsky mengatakan undang-undang yang ditandatangani pekan lalu oleh Gubernur Arizona Jan Brewer dari Partai Republik, “Tidak sesuai dengan ciri-ciri Amerika dan bertentangan dengan Undang-Undang Dasar."

Kubu Republik di Arizona mengatakan negara bagian tersebut perlu mengambil tindakan karena para pejabat federal Amerika telah gagal menegakkan undang-undang yang berlaku, untuk menghentikan arus imigran ilegal dari Meksiko. Negara bagian Arizona terletak di bagian barat daya Amerika Serikat dan berbatasan langsung dengan Meksiko.

XS
SM
MD
LG