Tautan-tautan Akses

AS

Obama Harus Pertimbangkan Faktor Hukum Jika Serang Suriah


Presiden Barack Obama harus mempertimbangkan faktor-faktor hukum jika AS berencana menyerang Suriah (foto: dok).

Presiden Barack Obama harus mempertimbangkan faktor-faktor hukum jika AS berencana menyerang Suriah (foto: dok).

Menurut Konstitusi AS, Presiden adalah panglima tertinggi angkatan bersenjata, tetapi Kongres memegang wewenang untuk menyatakan perang.

Selagi mempertimbangkan apakah akan menyerang Suriah karena menggunakan senjata kimia pekan lalu, Presiden Barack Obama harus mempertimbangkan faktor-faktor hukum.

Menurut Konstitusi Amerika Serikat, Presiden adalah panglima tertinggi angkatan bersenjata, tetapi Kongres memegang wewenang untuk menyatakan perang dan mengendalikan pendanaan perang.

Selain itu, undang-undang wewenang perang yang diberlakukan empat dasawarsa yang lalu mewajibkan Presiden memberitahu Kongres dalam 48 jam setelah mengambil tindakan militer dan melarang tentara Amerika melakukan aksi militer selama lebih dari 60 hari tanpa persetujuan Kongres.

Sejak pemberlakuan undang-undang itu, resolusi wewenang perang menjadi perdebatan antara Presiden dan Kongres. Presiden Amerika telah beberapa kali memerintahkan intervensi militer ke negara lain setelah berkonsultasi dengan para pemimpin Kongres, tetapi sering tanpa mendapat persetujuan spesifik melalui pemungutan suara.

Seorang profesor hubungan internasional, Michael Corgan dari Universitas Boston, mengatakan bahwa Obama memiliki banyak wewenang jika dia ingin mengambil tindakan terhadap Suriah.

Dua tahun yang lalu Presiden Obama memerintahkan partisipasi militer Amerika dalam pemboman di Libya mendukung resolusi PBB, tetapi ia tidak mendapat persetujuan Kongres.

Dengan tidak adanya resolusi segera dari PBB untuk memerangi Suriah, Amerika Serikat mungkin harus mengandalkan sekutu seperti Inggris dan Perancis jika ingin mengambil tindakan.

Seorang pejabat senior Kementerian Luar Negeri mengatakan, Obama sedang mempelajari faktanya dan akan mengambil keputusan berdasar informasi yang ada mengenai langkah maju yang bertanggung jawab.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG