Tautan-tautan Akses

Obama: “Harapan Ada di Surat Suara dan Ketakutan Juga Ada di Surat Suara”


Presiden Obama menepuk kepala dua anak perempuan seraya menyambut para tamu seusai berbicara di acara Congressional Black Caucus Foundation (17/9). Washington, D.C. (foto: AP Photo/Pablo Martinez Monsivais)

Presiden Obama menepuk kepala dua anak perempuan seraya menyambut para tamu seusai berbicara di acara Congressional Black Caucus Foundation (17/9). Washington, D.C. (foto: AP Photo/Pablo Martinez Monsivais)

Presiden Obama mendesak warga AS untuk memberikan suaranya di TPS yang dianggapnya akan menjadi hadiah perpisahan setelah masa jabatannya selesai.

Sabtu malam, Presiden Barack Obama yang akan selesai masa jabatannya, mengatakan "Kalian ingin memberi saya hadiah perpisahan?" "pergi ke TPS dan memilih" ujar Obama.

Berbicara dalam acara makan malam tahunan Congressional Black Caucus Foundation, Barack Obama menekankan pentingnya untuk pergi ke tempat pemungutan suara untuk memilih presiden baru pada bulan November.

"Harapan ada di surat suara dan rasa takut ada di surat suara, juga," kata Presiden Obama tentang pilihan para pemilih dalam pemilu mendatang antara capres partai Demokrat Hillary Clinton dan capres partai Republik Donald Trump.

Obama mengatakan ada beberapa orang "yang masih berusaha membatasi hak rakyat untuk memilih." Ia mengatakan "Ini harus menjadi skandal nasional. Ini memalukan." Presiden mencatat bahwa antara tahun 2000 hingga 2012, hanya ada 10 kasus terkait kecurangan suara pemilih.

Hillary Clinton berbicara sebelum Obama dalam acara makan malam itu. Ia berbicara tentang Obama, "Bapak Presiden, kita tidak hanya tahu Anda warganegara Amerika, Anda adalah warga Amerika yang sangat terpuji."

Sentilan Hillary Clinton tentang status kewarganegaraan Obama disampaikan sehari setelah Donald Trump akhirnya memutuskan menghentikan pernyataan dengan tuduhan yang tidak benar selama bertahun-tahun bahwa Obama kemungkinan tidak lahir di Amerika.

Hillary Clinton mendapat penghormatan pada saat jamuan makan malam untuk menjadi perempuan pertama yang menerima nominasi presiden dari sebuah partai besar di Amerika. [zb]

XS
SM
MD
LG