Tautan-tautan Akses

AS

Obama Hadiri Upacara Kenang Korban di Fort Hood, Texas


Presiden AS Barack Obama dan ibu negara Michelle Obama memberikan penghormatan terakhir bagi para korban penembakan di Fort Hood, Killeen, Texas (9/4).

Presiden AS Barack Obama dan ibu negara Michelle Obama memberikan penghormatan terakhir bagi para korban penembakan di Fort Hood, Killeen, Texas (9/4).

Presiden Amerika Barack Obama kembali ke pangkalan angkatan darat Fort Hood di Texas untuk kedua kalinya dalam lima tahun, Rabu (9/4) untuk menghadiri satu lagi upacara mengenang para korban penembakan.

Berdiri di hadapan hadirin, termasuk para anggota keluarga, teman dan rekan-rekan orang yang meninggal atau menderita luka tembak seminggu lalu, Presiden Obama mengatakan air mata yang belum kering akibat insiden penembakan tahun 2009, kembali bercucuran akibat penembakan pekan lalu.

Mayor Nidal Hassan, pelaku penembakan tahun 2009 di Fort Hood, yang menewaskan 13 orang, telah dijatuhi hukuman mati tahun lalu.

Seminggu lalu, Kopral Angkatan Darat Ivan Antonio Lopez terlibat pertengkaran terkait cuti pribadi. Para penyelidik mengatakan Lopez menembaki rekan kerja tentaranya dan beberapa orang lainnya yang kebetulan berpapasan dengannya ketika penembakan membabi-buta selama delapan menit tersebut berlangsung. Ia menewaskan tiga orang dan melukai 16 lainnya sebelum menembak mati dirinya sendiri.

Obama mengatakan kepada para anggota keluarga yang berduka, bahwa tidak ada kata-kata yang cukup untuk mengakhiri duka-cita mereka. Ia juga berjanji untuk meningkatkan upaya untuk menolong pasukan dan veteran yang menderita kepedihan dan berbuat lebih banyak untuk menolong orang-orang yang menderita masalah kesehatan mental.

Para penyelidik mengatakan mereka masih belum mengetahui mengapa Lopez yang berusia 34 tahun itu melakukan penembakan tersebut.
XS
SM
MD
LG