Tautan-tautan Akses

Obama Keranjingan 'Berkicau' di Twitter

  • Associated Press

Presiden Barack Obama berbicara di University of Wisconsin di La Crosse, Wisconsin. Lupakan wawancara formal di televisi atau konferensi pers. Obama menggunakan Twitter untuk bicara mengenai olahraga, budaya pop dan berbagai topik lainnya setiap hari.

Presiden Barack Obama berbicara di University of Wisconsin di La Crosse, Wisconsin. Lupakan wawancara formal di televisi atau konferensi pers. Obama menggunakan Twitter untuk bicara mengenai olahraga, budaya pop dan berbagai topik lainnya setiap hari.

Walaupun akun resmi atas namanya sudah ada di Twitter selama bertahun-tahun, baru akhir-akhir ini Presiden Barack Obama mulai keranjingan Twitter. Ia 'berkicau' sehari-hari mengenai beragam topik termasuk budaya pop dan olahraga menggunakan akun @POTUS.

Selama masa kepresidenannya, tweet-tweet Obama melalui akun @BarackObama berisikan berbagai kebijakan Obama ditulis dan dikirim oleh para staf pers Gedung Putih. Hanya sesekali Obama menulis tweet-nya sendiri, dengan menambahkan inisialnya namanya di akhir tweet.

Tapi kini Obama menulis tweet-nya sendiri hampir setiap hari mengenai topik-topik hangat tanpa ada saringan dari kantor pers Gedung Putih. Kicauannya mulai lebih sering terdengar sejak akun pribadinya @POTUS dirilis awal musim panas ini.

"Hello, Twitter! Ini Barack. Sungguhan!" Tulis Obama di bulan Mei. "Enam tahun, dan akhirnya mereka kasih saya akun sendiri."


Jadi bagaimana Obama menge-tweet? Obama, yang dikenal sebagai pengguna iPad dan BlackBerry, dapat mengirim tweet dari berbagai piranti yang aman, menurut Gedung Putih. Obama memberitahu timnya sebelum ia mengirim tweet, dan stafnya mengatakan kadang-kadang Obama setuju untuk mengirim tweet mengenai topik yang diusulkan anggota stafnya.

Enam pekan sejak Obama memulai akun @POTUS, ia kini memiliki lebih dari 3 juta pengikut. Ia mengikuti hanya 66 pengguna Twitter, kebanyakan tim-tim olahraga, lembaga-lembaga pemerintahan federal dan pejabat tinggi pemerintahan. Ia sempat mencatat rekor sebagai pengumpul 1 juta pengikut tercepat, tapi kemudian rekor itu dipatahkan oleh Caitlyn Jenner.

Josh Earnest, juru bicara Gedung Putih mengatakan Obama sangat antusias menggunakan Twitter untuk berkomunikasi dengan warga masyarakat. "Ia benar-benar mempraktekkan usulan tersebut," ujar Earnest.

Berikut sejumlah tweet Obama baru-baru ini:

Pernikahan sesama jenis

Reaksi pertama Obama mengenai keputusan Mahkamah Agung yang melegalkan pernikahan sesama jenis secara nasional tidak datang melalui keterangan pers maupun pidato di Rose Garden, melainkan melalui akun Twitter-nya.

"Langkah besar hari ini dalam perjalanan menuju persamaan," tweet Obama pada 26 Juni. "Pasangan gay dan lesbian sekarang punya hak untuk menikah, sama dengan semua orang."


"Holy Guacamole"

Saat muncul perdebatan online di Twitter akhir-akhir ini mengenai penggunaan kacang polong dalam guacamole - kudapan dari alpukat khas Meksiko, Obama berkicau di Twitter mengatakan ia tidak berselera menambahkan kacang polong, seperti yang diusulkan dalam sebuah resep yang diterbitkan harian The New York Times . Ia merespon dalam Twitter 'town hall' - acara tanya jawab via Twitter dengan presiden dan menulis, "Saya menghormati NYT, tapi saya tidak mau tambahkan kacang polong dalam guac." Ia menawarkan resepnya sendiri: "Bawang bombay, bawang putih, cabai. Klasik"


Black Keys

Setelah Obama menge-tweet bahwa ia mendengarkan album baru dari The Black Keys, band rock tersebut menge-tweet balik menanyakan apakah mereka dapat menggunakan pesawat kepresidenan Air Force One untuk tur mereka. Beberapa jam kemudian, Obama merespon via Twitter: "Itu bukan punya saya; hanya pinjaman. Mungkin Anda bisa main di Gedung Putih saja suatu waktu?"

Belum diketahui kapan kelompok tersebut akan 'menggoyang' kediaman kepresidenan di 1600 Pennsylvania Avenue.


Fan No. 1

Obama memberi selamat kepada tim sepakbola Amerika dan pemain tengah Carli Llyod atas kemenangan mereka Minggu malam sebagai juara Piala Dunia Putri.

"Negara Anda sangat bangga dengan Anda semua. Ayo datang ke Gedung Putih dengan Piala Dunia segera."

XS
SM
MD
LG