Tautan-tautan Akses

Obama: G-20 akan Capai Kesepakatan Pertumbuhan Berimbang


Presiden AS Barack Obama and Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak menggelar jumpa pers bersama hari ini di Seoul.

Presiden AS Barack Obama and Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak menggelar jumpa pers bersama hari ini di Seoul.

Dalam jumpa pers bersama Presiden Lee Myung-bak di Seoul, Obama mengatakan yakin KTT G-20 akan menghasilkan mekanisme untuk memeratakan keseimbangan perdagangan.

Presiden Amerika Barack Obama memperkirakan para pemimpin 20 negara ekonomi terbesar di dunia, pekan ini akan menyepakati rancangan untuk memastikan pertumbuhan yang berimbang dan dapat bertahan.

Pembicaraan menjelang pertemuan puncak G-20 mulai Kamis, telah menimbulkan perselisihan atas ketidakseimbangan yang telah menghasilkan surplus besar-besaran di negara-negara seperti Tiongkok dan Jerman, namun mendorong terciptanya defisit yang sangat besar di Amerika Serikat.

Tetapi, dalam jumpa pers bersama Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak di Seoul, Obama mengatakan ia yakin KTT ini akan menghasilkan mekanisme untuk mengukur pertumbuhan dan membantu memulihkan keseimbangan dalam perdagangan.

Tiongkok dan negara-negara lain menuduh bahwa langkah baru-baru ini bertujuan semata-mata untuk merangsang ekonomi Amerika, dan akan menyebabkan inflasi serta spekulasi yang berlebihan di negara-negara mereka. Tetapi, Obama mengatakan ia telah memberitahu para stafnya setiap hari agar memusatkan perhatian pada cara memperluas atau meningkatkan ekonomi Amerika.

XS
SM
MD
LG