Tautan-tautan Akses

Obama: Dunia Harus Lebih Siap Hadapi Wabah Seperti Ebola


Para seniman melakukan atraksi untuk kesadaran terhadap ebola di sekolah Anono di Abidjan (25/9/2014).

Para seniman melakukan atraksi untuk kesadaran terhadap ebola di sekolah Anono di Abidjan (25/9/2014).

Presiden Amerika Barack Obama menyerukan kesiapan lebih besar untuk menangani ancaman biologis seperti perebakan Ebola yang telah menewaskan hampir 3000 orang di Afrika Barat.

Presiden Obama hari Jumat mempromosikan sebuah strategi yang diringkas sebagai “cegah, lacak dan tanggulangi” ketika memberi sambutan kepada para pejabat dari 40 lebih negara dan organisasi pada pertemuan mengenai kesehatan dan keamanan global di Washington.

Presiden Obama mengatakan kurangnya perencanaan dan koordinasi menghambat respon internasional terhadap epidemi-epidemi seperti Ebola. Ia mengatakan Amerika akan membantu negara-negara lainnya mengembangkan sumber daya seperti tim tanggap cepat sehingga jiwa bisa diselamatkan ketika perebakan terjadi di masa yang akan datang.

Ia juga mengatakan Jepang telah setuju untuk memberi 500 ribu pakaian pelindung bagi pekerja kesehatan yang berjuang melawan Ebola di Afrika Barat dan mengeluarkan sebuah tantangan bagi perancang untuk meningkatkan alat semacam itu. “Jika anda merancangnya, kami akan bayar” kata Obama.

Komentar tersebut disampaikan sehari setelah Presiden Obama berbicara di PBB menyerukan tanggapan internasional yang lebih besar terhadap epidemi Ebola.

XS
SM
MD
LG