Tautan-tautan Akses

AS

Obama di Beijing, Bahas Persetujuan Trans-Pasifik


Presiden AS Barack Obama berbicara dalam KTT CEO APEC di Beijing (10/11).

Presiden AS Barack Obama berbicara dalam KTT CEO APEC di Beijing (10/11).

Ia mengatakan persetujuan perdagangan yang besar itu mempunyai potensi untuk menjadi “persetujuan bersejarah.”

Presiden Amerika Barack Obama mengatakan para pemimpin dunia telah mencapai kemajuan baik dalam menyelesaikan sisa hambatan untuk merampungkan Kemitraan Trans-Pasifik.

Ia mengatakan persetujuan perdagangan yang besar itu mempunyai potensi untuk menjadi “persetujuan bersejarah.”

Obama sedang bertemu di Beijing dengan para kepala negara puluhan negara yang mengusahakan persetujuan perdagangan. Ia mengatakan pertemuan itu bertujuan untuk “menerebos sebagian kemacetan yang masih ada” dan mengatakan persetujuan adalah prioritas utama bagi Asia.

Obama mengatakan para pemimpin politik perlu meyakinan warga mereka agar menerima manfaat persetujuan itu.

Tidak ada terobosan besar diperkirakan dalam pertemuan pekan ini mengenai persetujuan itu, yang melibatkan negara-negara Asia serta sebagian negara-negara Barat, seperti Amerika Serikat dan Meksiko.

Presiden Amerika Barack Obama telah tiba di Beijing untuk berkunjung tiga hari yang akan menggabungkan kunjungan kenegaraan dengan pertemuan kelompok Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik, APEC.

Presiden Obama tiba di ibukota China itu Senin pagi. Ia diperkirakan akan menghadiri acara makan malam bersama Presiden China dan para pemimpin Asia Pasifik lain, kemudian menghadiri pertunjukan kembang api.

Obama akan menghadiri pertemuan puncak APEC dari tanggal 10 hingga 12 November . Para pejabat Amerika memandang pertemuan itu sebagai cara untuk menetapkan peraturan yang akan mencegah sengketa di kawasan itu, sementara mencapai kemajuan dalam perdagangan, dunia maya dan masalah iklim.

Amerika Serikat prihatin akan defisit perdagangan yang berkepanjangan, masalah dunia-maya dan klaim maritim China di laut China Timur dan Selatan.

Presiden Obama ingin menghilangkan kesan di kalangan pemimpin China bahwa Amerika, melalui pengalihan pasukan ke Pasifik, sedang berusaha membendung China.

XS
SM
MD
LG