Tautan-tautan Akses

Obama Desak Korut Akhiri Uji Misil dan Nuklir


Presiden Barack Obama mendesak Korea utara mengakhiri uji coba misil dan nuklir, dalam wawancara dengan televisi ABC (foto: dok).

Presiden Barack Obama mendesak Korea utara mengakhiri uji coba misil dan nuklir, dalam wawancara dengan televisi ABC (foto: dok).

Presiden Obama mengimbau Korea Utara mengambil langkah-langkah membangun kepercayaan internasional yang dapat meredakan ketegangan.

Presiden Amerika Barack Obama mengimbau Korea Utara untuk mengambil “langkah-langkah membangun kepercayaan” yang bertujuan untuk meredakan ketegangan, seperti dengan mengkahiri uji misil dan nuklirnya.

Dalam wawancara dengan jaringan stasiun televisi ABC hari Rabu, Presiden Obama mengatakan negara-negara akan berbuat serupa jika jika mereka melihat perilaku bertanggungjawab apapun dari Korea Utara. Obama menambahkan Pyongyang belum lagi menunjukkan perilaku semacam itu.

Korea Utara telah menyampaikan serangkaian ancaman dramatis setelah PBB menyetujui sanksi-sanksi baru pekan lalu atas uji nuklir terbarunya. Diantara ancaman tersebut adalah tekadnya untuk melakukan serangan nuklir terlebih dulu terhadap Amerika.

Presiden Obama juga memberitahu ABC, bahwa sebagian – tidak semua – serangan dunia maya terhadap perusahaan-perusahaan dan infrastruktur Amerika yang berasal dari Tiongkok, disponsori oleh negara.

Presiden Obama menambahkan Amerika telah memberitahu Tiongkok dan negara-negara lain, bahwa Amerika berharap mereka mematuhi hukum internasional. Ia menghimbau Kongres Amerika untuk memperkuat keamanan dunia maya sambil tetap melindungi kebebasan sipil.
XS
SM
MD
LG