Tautan-tautan Akses

AS

Obama Desak Kongres Loloskan Rancangan Anggaran


Presiden AS Barack Obama berbicara kepada para wartawan di Gedung Putih, Jumat (2/10).

Presiden AS Barack Obama berbicara kepada para wartawan di Gedung Putih, Jumat (2/10).

Presiden Obama hari Jumat (2/10) mengatakan sudah waktunya bagi Kongres AS untuk “melakukan tugasnya” dan mencapai persetujuan mengenai prioritas anggaran.

Presiden Barack Obama mendesak Kongres Amerika agar segera menyetujui rancangan untuk mendanai pemerintah guna menghindarkan akibat buruknya terhadap ekonomi pada saat pertumbuhan ekonomi global sedang melamban.

Berbicara kepada para wartawan di Gedung Putih, Jumat (2/10), Obama mengatakan ia tidak akan mau lagi menandatangani rancangan yang “berpandangan sempit” yang hanya menyediakan biaya untuk periode singkat dan membiarkan sengketa masalah utama tidak terselesaikan.

Ia mengatakan demikian hanya beberapa hari setelah menandatangani rancangan anggaran sementara yang dirundingkan antara fraksi Republik yang mayoritas dan fraksi Demokrat, partainya Presiden Obama di Kongres.

Rancangan itu akan berakhir tanggal 11 Desember, yang akan menimbulkan lagi kemungkinan konfrontasi atas perselisihan politik yang mendalam antara Demokrat dan Republik.

Perselisihan politik sebelumnya menghentikan pendanaan pemerintah, yang memaksa sebagian kantor pemerintah tutup untuk sementara tahun 2013. Para analis politik mengatakan konfrontasi demikian mungkin akan terjadi lagi bulan Desember.

Obama mengatakan sudah waktunya bagi Kongres untuk “melakukan tugasnya” dan mencapai persetujuan mengenai prioritas anggaran. Ia juga mengatakan perselisihan politik dan pemotongan anggaran yang tidak dipertimbangkan dengan baik merusak keyakinan konsumen, pertumbuhan ekonomi dan kepemimpinan global Amerika. [gp]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG