Tautan-tautan Akses

AS

Obama Desak Kongres Cegah Pemangkasan Anggaran


Presiden Barack Obama berbicara mengenai pemangkasan anggaran otomatis atau sequester baru-baru ini. (Foto: Dok)

Presiden Barack Obama berbicara mengenai pemangkasan anggaran otomatis atau sequester baru-baru ini. (Foto: Dok)

Presiden AS Barack Obama mendesak Kongres mengambil tindakan untuk menghindari pemotongan anggaran otomatis yang dijadwalkan berlaku 1 Maret.

Presiden AS Barack Obama pada Senin (25/2) mengatakan pemangkasan anggaran otomatis akan membuat ribuan orang, termasuk guru, kehilangan pekerjaan. Menurutnya, ketidakpastian tersebut sudah merugikan negara, dan semakin lama pemotongan anggaran itu berlaku, semakin buruk pula dampaknya pada ekonomi Amerika.

"Sayangnya, empat hari lagi, Kongres siap memberlakukan serangkaian pemotongan anggaran secara otomatis yang akan memperlamban ekonomi kita, menghilangkan pekerjaan yang baik, dan membuat banyak orang yang sudah cukup menderita tidak tahu harus berbuat apa,” ujarnya.

Presiden Obama berbicara di Gedung Putih dalam pertemuan para gubernur negara bagian. Ia mengimbau para gubernur agar membahas apa yang dipertaruhkan dengan anggota-anggota kongres mereka. Obama mengatakan para gubernur tahu bahwa kompromi sangat penting dalam menyelesaikan suatu masalah.

Pemotongan anggaran US$85 miliar yang dijadwalkan akan mulai berlaku 1 Maret dikenal sebagai sequester.

Presiden telah mengimbau anggota Kongres dari Partai Republik agar menerima rencana yang diajukan oleh fraksi Demokrat dalam Senat untuk meningkatkan pendapatan dengan mengakhiri pembebasan pajak tertentu bagi warga dan perusahaan-perusahaan kaya Amerika.
XS
SM
MD
LG