Tautan-tautan Akses

AS

Obama Desak Kesepakatan Perdagangan dengan Eropa dan Pasifik


Beberapa anggota Kongres dari Partai Demokrat menolak usulan kesepakatan perdagangan Presiden Obama (foto: dok).

Beberapa anggota Kongres dari Partai Demokrat menolak usulan kesepakatan perdagangan Presiden Obama (foto: dok).

Presiden AS Barack Obama hari Rabu (21/1) menyerukan dirampungkannya kesepakatan perdagangan dengan negara-negara Eropa dan lingkar Pasifik.

Presiden Amerika Barack Obama menyerukan dirampungkannya kesepakatan perdagangan dengan negara-negara Eropa dan lingkar Pasifik, tapi sebagian penentang utamanya adalah pihak yang biasanya berpihak padanya.

Di Washington yang terbagi secara politik legislator, anggota Partai Republik di Kongres sering menentang kebijakan ekonomi presiden dari partai Demokrat itu sementara Partai Demokrat mendukungnya. Tapi hal sebaliknya terjadi terkait perjanjian-perjanjian perdagangan yang ingin dirampungkan Presiden Obama tahun ini.

Hari Rabu (21/1), beberapa anggota Kongres dari Partai Demokrat menolak permintaan Presiden Obama untuk diberi kewenangan menyelesaikan kesepakatan-kesepakatan itu dengan hanya sedikit campur tangan Kongres, yang disampaikan dalam pidato kenegaraannya.

Anggota-anggota Kongres yang menentang langkah tersebut mengatakan kesepakatan perdagangan itu bisa membawa barang-barang impor yang murah ke Amerika yang sebagian besar dibuat oleh pekerja asing yang dibayar murah dengan mengorbankan para pekerja Amerika yang dibayar lebih mahal yang bisa membuat barang yang sama.

Anggota Kongres partai Demokrat, Rosa DeLauro dari negara bagian Connecticut mengatakan, permintaan Obama bagi kesepakatan perdagangan itu menurutnya tidak bijaksana.

XS
SM
MD
LG