Tautan-tautan Akses

AS

Obama Desak Kemajuan Cepat untuk Anggaran


Presiden Obama menyampaikan pidato mingguannya dari Gedung Putih (foto: dok).

Presiden Obama menyampaikan pidato mingguannya dari Gedung Putih (foto: dok).

Dalam pidato mingguannya hari Sabtu (2/10), Presiden Obama menyampaikan prioritasnya untuk anggaran yang mulai diperdebatkan oleh Kongres minggu ini.

Presiden Amerika Barack Obama mengimbau anggota Kongres agar mengakhiri “siklus krisis yang diciptakan di Washington dan luka-luka akibat perbuatan sendiri" dan mengesahkan anggaran yang akan membantu pertumbuhan ekonomi.

Dalam pidato mingguannya hari Sabtu, Presiden Obama menyampaikan prioritasnya untuk anggaran yang mulai diperdebatkan oleh Kongres minggu ini. Obama mengatakan ia lebih senang memangkas “celah-celah pajak yang boros” untuk memberikan ruang bagi program-program yang membantu membangun prasarana dan meningkatkan pendidikan.

Presiden Obama juga menyoroti usahanya dalam disiplin fiskal, dengan mengatakan bahwa angka-angka Departemen Keuangan baru-baru ini menunjukkan pemerintah Amerika memangkas defisit sampai setengahnya dalam tahun anggaran 2013, ke level terendah sejak 2008.

Fraksi Demokrat dan Fraksi Republik di Kongres memiliki kurang dari tiga bulan untuk mencapai kesepakatan mengenai sebuah anggaran baru. Tenggat untuk menaikkan batas pinjaman pemerintah Amerika akan menyusul hanya beberapa minggu kemudian.

Batas waktu itu ditetapkan sesuai kesepakatan bulan lalu yang mengakhiri 16 hari penutupan sebagian operasi pemerintah (shutdown) yang disebabkan oleh ketidaksepakatan atas undang-undang asuransi kesehatan unggulan Presiden Obama dari fraksi Republik.

Anggota kongres dari Partai Republik telah mengisyaratkan akan berusaha mencegah shutdown lagi. Hari Sabtu, Presiden Obama menyambut pernyataan tersebut, dan mengatakan “kita seharusnya tidak melukai diri kita sendiri setiap beberapa bulan.”

Obama – seorang Demokrat yang menjabat pada tahun kelima masa kepresidenannya – sering berbeda pendapat dengan lawannya dari fraksi Republik di Kongres mengenai anggaran belanja pemerintah, tarif pajak dan utang jangka panjang Amerika.
XS
SM
MD
LG