Tautan-tautan Akses

Obama Desak Kaum Muda Israel Upayakan Perdamaian


Presiden Amerika Barack Obama berpidato di hadapan para mahasiswa Israel di Yerusalem Kamis (21/3).

Presiden Amerika Barack Obama berpidato di hadapan para mahasiswa Israel di Yerusalem Kamis (21/3).

Dalam pidato di hadapan para mahasiswa di Yerusalem Kamis (21/3), Obama mendesak mereka agar mengupayakan perdamaian dengan pihak Palestina.

Presiden Amerika Barack Obama meyakinkan kaum muda Israel bahwa mereka “tidak sendirian menghadapi ancaman keamanan Israel” sementara mendesak mereka agar mengupayakan perdamaian dengan pihak Palestina sebagai “satu-satunya jalan menuju keamanan sejati”.

Dalam pidato hari Kamis, di hadapan para mahasiswa di Yerusalem Obama berbicara panjang lebar mengenai keinginan bersejarah orang Yahudi bagi kebebasan di tanah air mereka dan nilai-nilai yang sama antara warga Amerika dan Israel.

Obama juga mengatakan bahwa sebagai seorang sahabat yang “sangat berkomitmen” pada masa depan Israel, ia yakin orang Israel hanya bisa mempertahankan negara Yahudi yang demokratis jika mereka menyetujui negara Palestina yang “independen dan aktif”.

Obama mengatakan para pemimpin Israel harus mengakui bahwa “berlanjutnya aktivitas pemukiman” di tanah yang di klaim Palestina sebagai negaranya kelak adalah “kontra produktif”. Obama juga mengatakan ia yakin Israel punya mitra damai yang tulus pada Presiden Palestina Mahmoud Abbas.
XS
SM
MD
LG