Tautan-tautan Akses

Obama dan Romney Kampanye di Negara Bagian Kunci


Presiden AS Barack Obama dalam sebuah kampanye pemilihan presiden di Colorado. (Foto: Dok)

Presiden AS Barack Obama dalam sebuah kampanye pemilihan presiden di Colorado. (Foto: Dok)

Barack Obama dan Mitt Romney akan mengunjungi negara-negara bagian kunci pekan ini untuk berkampanye.

Presiden Amerika Barack Obama dan penantangnya dari Partai Republik, Mitt Romney, diperkirakan akan berkunjung ke negara-negara bagian kunci pekan ini dalam usaha mereka untuk memenangkan dukungan rakyat pemilih, kurang dari dua bulan sebelum pemilihan presiden 6 November nanti.

Obama sedang unggul tipis atas mantan gubernur Massachusetts itu dalam survei nasional rakyat yang kemungkinan besar akan pergi ke tempat pemungutan suara (TPS) pada hari pemilihan presiden. Tetapi, karena hasil pemilihan di setiap negara bagian – bukan jumlah perolehan suara secara nasional – yang akan menentukan presiden berikut, beberapa negara bagian telah menjadi sangat penting dimana kedua calon hampir sama kuat.

Obama telah merencanakan persinggahan kampanye di Virginia dan Wisconsin, sementara Romney akan pergi dari California ke Florida untuk berpidato di hadapan rakyat pemilih. Menurut survei terbaru, Presiden Obama unggul di kalangan rakyat yang kemungkinan besar akan pergi TPS pada hari pemilihan di masing-masing negara bagian, tetapi keunggulannya masih tipis.

Ekonomi telah menjadi masalah utama bagi sebagian besar pemilihan presiden itu, dimana Romney mempunyai keunggulan karena pengalamannya bertahun-tahun dalam dunia usaha. Tetapi, protes pekan lalu di seluruh Timur Tengah, Asia dan Afrika atas film anti-Muslim, dan pembunuhan dutabesar Amerika di Libya, menggeser fokus ke kebijakan luar negeri. Romney menyulut kecaman politik ketika ia menuduh presiden meminta maaf atas film tersebut.
XS
SM
MD
LG