Tautan-tautan Akses

Obama dan Putin Bicarakan Keamanan Olimpiade Sochi


Presiden AS Barack Obama bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Enniskillen, Irlandia, 2013. (Foto: Dok)

Presiden AS Barack Obama bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Enniskillen, Irlandia, 2013. (Foto: Dok)

Pembicaraan tingkat tinggi itu diadakan sehari setelah Departemen Pertahanan AS menawarkan bantuan dalam mengamankan daerah kota peristirahatan itu.

Gedung Putih mengatakan Presiden Barack Obama berbicara dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, Selasa (21/1), mengenai cara menjamin keselamatan dan keamanan Olimpiade Sochi. Pernyataan Gedung Putih mengatakan Washington menawarkan “bantuan penuh.”

Pembicaraan tingkat tinggi itu diadakan sehari setelah Departemen Pertahanan AS mengatakan mereka telah menawarkan Moskow sarana udara dan laut untuk membantu mengamankan daerah kota peristirahatan itu.

Pembicaraan itu juga diadakan sementara polisi Rusia terus mencari paling sedikit tiga orang yang diduga akan melakukan aksi bom bunuh diri, termasuk seorang perempuan yang diduga telah menyusup ke dalam daerah aman yang mengelilingi kota itu. Olimpiade Musim Dingin itu akan dimulai bulan depan.

Para saksi di Sochi mengatakan polisi telah membagi-bagikan foto-foto wanita yang dicurigai itu, yang kabarnya janda seorang militan Islamis dari negara bagian Dagestan yang mayoritas Muslim. Dia telah diketahui bernama Ruzanna Ibragimova yang berusia 22 tahun, dengan nama panggilan “Salima.”

Para pejabat Rusia menuduh para janda pemberontak yang tewas sebagai pelaku serangan-serangan bunuh diri sebelumnya di negara itu.
XS
SM
MD
LG