Tautan-tautan Akses

AS

Obama Calonkan Michael Froman sebagai Wakil Perdagangan AS

  • Kent Klein

Presiden Obama mencalonkan Michael Froman (kiri) sebagai Wakil Perdagangan AS dan pengusaha Penny Pritzker (kanan) sebagai Menteri Perdagangan, Kamis (2/5).

Presiden Obama mencalonkan Michael Froman (kiri) sebagai Wakil Perdagangan AS dan pengusaha Penny Pritzker (kanan) sebagai Menteri Perdagangan, Kamis (2/5).

Presiden Obama mencalonkan penasihat ekonomi Michael Froman sebagai Wakil Perdagangan AS dan pengusaha Penny Pritzker sebagai Menteri Perdagangan.

Presiden Amerika Barack Obama mencalonkan penasihat ekonomi Michael Froman sebagai Wakil Perdagangan Amerika atau USTR (United States Trade Representative) yang baru. Obama juga mengajukan pengusaha sekaligus penggalang dana politik Penny Pritzker sebagai Menteri Perdagangan.

Sebagai Wakil Perdagangan, Froman akan menggantikan Ron Kirk, yang mengundurkan diri pada bulan Februari setelah menjabat selama empat tahun.

Obama menyebut Froman sebagai "salah seorang pakar ekonomi global terkemuka di dunia," dan mengatakan ia berperan penting dalam membantu Kirk merampungkan kesepakatan perdagangan dengan Korea Selatan, Panama dan Kolombia.

"Dan selama empat tahun terakhir, ia merupakan orang kepercayaan saya dalam forum-forum global seperti G8 dan G20. Ia telah menjadi sosok pendorong dalam menyelenggarakan KTT internasional yang luar biasa ini di mana banyak hal tercapai," papar Obama.

Setelah pengumuman itu, Presiden melawat selama dua hari di Meksiko dan Kosta Rika, di mana ia diperkirakan akan berbicara dengan para pemimpin Amerika Tengah tentang perluasan transaksi perdagangan dengan negara-negara lain.

Obama mengatakan Froman akan membantu mengedepankan negosiasi perdagangan Kemitraan Trans-Pasifik dengan kawasan Asia-Pasifik dan Kemitraan Trans-Atlantik dengan Eropa. Dan dia mengatakan sosok pilihannya itu akan mengupayakan agar perdagangan dilakukan secara adil.

Obama mengatakan, "Dia dihormati oleh mitra-mitra dagang Amerika di seluruh dunia. Ia juga memiliki reputasi sebagai perunding yang tangguh dan luar biasa. Dia tidak berhenti sampai ia meraih kesepakatan terbaik bagi bisnis dan pekerja Amerika."

Nominasi Froman itu secara umum mendapat sambutan baik dari pelaku bisnis Amerika.

Seorang pengecam pemerintahan Obama, CEO Kamar Dagang Amerika Thomas Donohue, hari Kamis mengatakan kelompoknya akan mendukung pencalonan Froman itu. Dalam sebuah pernyataan, Donohue mengatakan Froman "memiliki visi dan pengalaman untuk menciptakan peluang perdagangan baru bagi pekerja dan perusahaan Amerika di meja perundingan."

Dalam memilih Penny Pritzker untuk memimpin Departemen Perdagangan, Presiden menyebutnya "salah seorang pemimpin bisnis yang paling terkemuka di Amerika."

Pewaris Hotel Hyatt itu telah menggalang dana ratusan ribu dolar untuk kedua kampanye presiden Obama. Dia termasuk dalam Dewan Penasihat Pemulihan Ekonomi Presiden pada tahun 2009, dan Dewan Pekerjaan dan Daya Saing.

Jika dikukuhkan, Pritzker dan Froman akan mengisi lowongan yang tersisa dalam kabinet presiden. Obama mendesak Senat untuk mengukuhkan keduanya secepatnya.
XS
SM
MD
LG