Tautan-tautan Akses

AS

Obama Bicara Soal Perubahan Iklim di Yosemite


Presiden AS Barack Obama berbicara di Jembatan Sentinel, di depan Yosemite Falls, air terjun tertinggi di Taman Nasional Yosemite, California (18/6). (AP/Jacquelyn Martin)

Presiden AS Barack Obama berbicara di Jembatan Sentinel, di depan Yosemite Falls, air terjun tertinggi di Taman Nasional Yosemite, California (18/6). (AP/Jacquelyn Martin)

Taman Nasional Yosemite sudah mengalami dampak perubahan iklim: padang rumput yang mengering, pergeseran migrasi burung dan perpindahan hewan karena suhu yang menghangat.

Presiden AS Barack Obama menjabarkan upaya-upaya pemerintahannya dalam menangani lingkungan ketika berkunjung ke Taman Nasional Yosemite hari Sabtu (18/6), mengatakan masih banyak yang harus dilakukan untuk melestarikan taman nasional di negara itu.

Obama dan keluarganya datang ke California dalam perjalanan akhir pekan Hari Ayah di mana mereka merayakan ulang tahun ke-100 pembentukan sistem taman nasional Amerika. Yosemite adalah salah satu daya tarik utama untuk keindahan alam di Amerika.

Presiden berbicara dengan latar belakang air terjun Yosemite yang mengalir turun dari ketinggian 700 meter dari sebuah pegunungan yang curam.

Ketika berbicara dengan para pejabat taman nasional, Obama mengatakan, ia mengetahui Yosemite sudah mengalami dampak perubahan iklim: padang rumput yang mengering, migrasi burung bergeser ke tempat lain dan suhu yang lebih hangat membuat beberapa hewan pindah ke daerah yang lebih tinggi.

Sejak menjabat tahun 2009, Obama mengatakan pemerintahannya telah melindungi lebih dari 100 juta hektar lahan publik dan perairan, lebih banyak dibandingkan pemerintahan sebelumnya.

Sebagian besar dari lahan yang dilindungi adalah kawasan lindung perairan yang terletak di Pasifik. Obama juga mengutip keberhasilan pemerintahannya dalam melindungi spesies-spesies yang terancam punah, termasuk beruang hitam di Louisiana. [zb]

XS
SM
MD
LG