Tautan-tautan Akses

Obama Bicara Soal Korut dengan China, Jepang dan Korsel


Seorang tentara menyaksikan penayanangan berita tentang pemimpin Korea Utara Kim Jong-un wdi stasiun kereta api di Seoul, South Korea, 9 Maret 2016 (Foto: dok).

Seorang tentara menyaksikan penayanangan berita tentang pemimpin Korea Utara Kim Jong-un wdi stasiun kereta api di Seoul, South Korea, 9 Maret 2016 (Foto: dok).

Obama akan mengadakan pembicaraan tiga negara dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan Presiden Korea Selatan Park Geun-hye hari Kamis (31/3) di sela-sela pertemuan puncak keamanan nuklir sedunia.

Presiden Amerika Barack Obama akan mengadakan pembicaraan dengan pemimpin China, Jepang, dan Korea Selatan di Washington pekan ini untuk membicarakan pembangkangan yang meningkat Korea Utara mengenai program nuklirnya.

Obama akan mengadakan pembicaraan tiga negara dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan Presiden Korea Selatan Park Geun-hye hari Kamis (31/3) di sela-sela pertemuan puncak keamanan nuklir sedunia, dan pembicaraan terpisah dengan Presiden China Xi Jinping, pembantu utama ekonomi dan diplomatik Korea Utara.

Korea Utara telah mempropagandakan kemajuan program senjata nuklir dan misil balistiknya, termasuk klaim percobaan yang berhasil roket berbahan bakar padat dan misil balistik yang dapat masuk kembali ke atmosfir. Klaim tersebut tampaknya sebagai tanggapan atas babak baru sanksi yang lebih kuat yang diberlakukan oleh PBB atas percobaan misil balistik dan nuklir Pyongyang baru-baru ini, dan latihan militer tahunan Amerika-Korea Selatan yang saat ini sedang berjalan.

Amerika Serikat, China dan Korea Selatan, serta Rusia, Jepang dan Korea Utara, adalah anggota pembicaraan 6-negara yang bertujuan untuk mengekang program senjata nuklir Pyongyang. Pembicaraan itu macet tahun 2008. [gp]

XS
SM
MD
LG