Tautan-tautan Akses

Obama Bertemu India dan Pakistan Jelang KTT Nuklir


Presiden Amerika Serikat Barack Obama

Presiden Amerika Serikat Barack Obama

Presiden Amerika hari Minggu juga bertemu para pemimpin Afrika Selatan dan Kazakhstan.

Presiden Amerika Serikat Barack Obama hari Minggu bertemu secara terpisah di Washington dengan para pemimpin India dan Pakistan, dua negara bersenjata nuklir yang saling bersaing. Dua negara tetangga di Asia Selatan itu pernah berperang tiga kali, dan masih bersengketa mengenai wilayah Kashmir.

Presiden Amerika hari Minggu juga bertemu para pemimpin Afrika Selatan dan Kazakhstan, dua negara yang secara sukarela menghentikan program senjata nuklir mereka. Pembicaraan ini dilakukan satu hari sebelum pembukaan KTT yang belum pernah dilakukan mengenai bagaimana menjaga bahan-bahan nuklir agar tidak jatuh ketangan teroris. Hampir 50 negara akan turut serta dalam pertemuan dua hari ini.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu tidak akan hadir, tetapi para pejabat mengatakan wakilnya, Dan Meridor, yang menjabat menteri energi atom Israel, akan hadir. Israel mengatakan Netanyahu membatalkan kunjungannya ke Washington karena sejumlah negara berencana menggunakan KTT itu untuk menarget Israel yang diduga memiliki senjata nuklir.

XS
SM
MD
LG