Tautan-tautan Akses

Obama Berjanji akan Kalahkan ISIS


Presiden AS Barack Obama berbicara dalam KTT NATO di Resor Celtic Manor, Newport, Wales (5/9/2014).

Presiden AS Barack Obama berbicara dalam KTT NATO di Resor Celtic Manor, Newport, Wales (5/9/2014).

Presiden AS Barack Obama mengatakan AS dan para sekutunya akan melumpuhkan dan pada akhirnya mengalahkan Negara Islam (ISIS), dengan cara yang sama yang telah mereka lakukan untuk memburu al-Qaida dan kelompok Somalia, al-Shabab.

Berbicara kepada wartawan hari Jumat pada penutupan KTT NATO di Wales, Presiden Obama mengatakan yakin koalisi internasional dapat dibentuk untuk memukul mundur militan, yang telah merebut sebagian besar wilayah di Irak dan Suriah.

Obama mengatakan para anggota NATO dengan bulat sepakat bahwa ISIS merupakan ancaman besar bagi negara-negara dalam aliansi itu, dan mengatakan mereka menyadari perlunya mengambil tindakan.

Sebelumnya Jumat, pada sela-sela KTT NATO, Menteri Luar Negeri AS John Kerry dan Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel mengepalai pertemuan 10 negara, termasuk AS, yang diharapkan mewakili inti koalisi anti-ISIS. Para pejabat Inggris, Prancis dan Jerman turut hadir. Australia adalah satu-satunya negara non-anggota NATO yang hadir.

Presiden Obama mengatakan “sangat penting” agar negara-negara Arab turut dalam perlawanan itu. Dia mengatakan Kerry akan melawat ke kawasan itu untuk berkonsultasi.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG