Tautan-tautan Akses

AS

Obama Anugerahi Medali Kehormatan 2 Veteran Perang Vietnam


Presiden Barack Obama menyerahkan medali kehormatan kepada Sersan Mayor (purn.) Bennie G. Adkins di Gedung Putih (15/9).

Presiden Barack Obama menyerahkan medali kehormatan kepada Sersan Mayor (purn.) Bennie G. Adkins di Gedung Putih (15/9).

Presiden Amerika Barack Obama menyerahkan Medal of Honor atau medali kehormatan kepada dua tentara Perang Vietnam atas kepahlawanan mereka.

Dalam upacara di Gedung Putih hari Senin (15/9), Presiden Obama memberikan tanda kehormatan militer tertinggi Amerika itu kepada purnawirawan Komando Angkatan Darat Sersan Mayor Bennie Adkins dan almarhum Spesialis Angkatan Darat Donald Sloat.

Kongres memberi pengecualian sehingga dua orang bisa mendapat medali itu, karena nominasi kehormatan itu biasanya harus dilakukan dalam waktu dua tahun setelah berlangsungnya aksi keberanian itu.

Presiden Obama mengatakan, kalau ada bukti baru pertempuran, adalah "sepenuhnya benar dan tepat" kita mempertimbangkan kembali pemberian Medal of Honor itu. Ia mengatakan selama bertahun-tahun, veteran Vietnam tidak selalu mendapat kehormatan yang layak mereka terima. Menurutnya, veteran adalah patriot, bertempur dengan berani dan membuat negara bangga.

Adkins mendapat penghargaan itu karena tindakannya dalam pertempuran di Vietnam tahun 1966, ketika ia berlari dalam hujan tembakan musuh sambil menyeret rekan prajurit yang terluka ke tempat aman.

Sloat tewas dalam pertempuran tahun 1970 ketika ia melindungi rekan-rekannya dari ledakan granat dengan tubuhnya. Kakak Sloat menerima penghargaan tersebut atas namanya.

XS
SM
MD
LG