Tautan-tautan Akses

AS

Obama Beri Ucapan Tahun Baru untuk Rakyat Iran


Festival Nowruz tahunan di Taman John Carlyle Square di Virginia, AS. (Foto: Dok)

Festival Nowruz tahunan di Taman John Carlyle Square di Virginia, AS. (Foto: Dok)

Presiden AS tersebut mengatakan tahun ini adalah peluang terbaik dalam puluhan tahun untuk meraih masa depan yang berbeda antara Iran dan AS, dan momen itu mungkin tidak akan datang lagi.

Presiden AS Barack Obama mengirim ucapan selamat Nowruz atau tahun baru kepada rakyat Iran, Jumat (20/3), dengan mengatakan bahwa tahun ini adalah peluang terbaik dalam berpuluh-puluh tahun untuk meraih masa depan yang berbeda antara Iran dan AS.

‚ÄčObama mengatakan momen itu mungkin tidak akan pernah datang lagi.

Dengan tenggat perjanjian nuklir yang hanya lebih dari seminggu lagi, ia mengatakan hari-hari ke depan akan kritis. Ia meminta rakyat Iran untuk berbicara untuk masa depan yang diinginkan bersama. Ia mengatakan para pemimpin Iran memiliki pilihan di antara dua jalur.

"Jika mereka tidak dapat menyetujui perjanjian yang masuk akal, mereka akan menempatkan Iran di jalur yang ada sekarang -- jalur yang mengisolasi Iran dan rakyat Iran dari begitu banyak hal di dunia, menyebabkan banyak kesulitan bagi keluarga-keluarga Iran, dan menghalangi banyak anak muda Iran dari pekerjaan dan kesempatan yang pantas mereka dapatkan," ujarnya.

Nowruz adalah tahun baru Iran, hari pertama kalender Persia yang bertepatan dengan hari pertama musim semi.‚Äč

Maaf, saat ini fitur tidak tersedia

XS
SM
MD
LG