Tautan-tautan Akses

AS

Obama Beri Penghormatan Pada Senator Inouye


Presiden Barack Obama, Wakil Presiden Joe Biden dan mantan Presiden Bill Clinton, pada upacara pemakaman untuk mendiang Senator Daniel Inouye di Katedral Nasional Washington.

Presiden Barack Obama, Wakil Presiden Joe Biden dan mantan Presiden Bill Clinton, pada upacara pemakaman untuk mendiang Senator Daniel Inouye di Katedral Nasional Washington.

Presiden AS Barack Obama memberi penghormatan pada mendiang senator Daniel Inouye, yang disebutnya inspirasinya dalam memulai karir politik.

Presiden Amerika Barack Obama dan pejabat-pejabat lainnya memberi penghormatan kepada Senator Daniel Inouye, yang meninggal Senin (17/12) pada usia 88 tahun sebagai seorang yang berintegritas tinggi dan terhormat.

Presiden Obama pada upacara peringatan di Gereja Katedral Nasional di Washington Jumat (21/12) mengatakan bahwa Inouye mengabdi kepada nusa dan bangsanya dengan keberanian dan belas kasihan.

Inouye, yang menempati urutan ketiga dalam suksesi kepresidenan, meninggal karena komplikasi saluran pernapasan. Jenazahnya akan diterbangkan ke Hawaii, negara bagian asalnya.

Obama, yang dibesarkan di Hawaii, mengatakan Inouye mungkin yang mula-mula memberinya inspirasi di dunia politik, dan jika bukan karena Inouye, presiden Obama tidak mungkin memilih karir dalam pemerintahan.

Sebagai warga Amerika keturunan Jepang yang pertama terpilih menjadi anggota Kongres, Inouye, seorang Demokrat, telah mengabdi sebagai anggota legislatif Amerika sejak Hawaii menjadi negara bagian pada 1959.

Ia mula-mula menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat, dan kemudian terpilih menjadi anggota Senat pada 1962. Semasa hidupnya, ia adalah ketua Komite Pengadaan Anggaran yang berpengaruh di Senat.

Inouye adalah veteran Perang Dunia II yang telah dianugerahi berbagai bintang jasa. Ia mengalami luka parah dalam pertempuran dan kehilangan lengan kanannya. Inouye dianugerahi bintang jasa militer tertinggi di Amerika, Medal of Honor, atas berbagai tindakannya di Italia.
XS
SM
MD
LG