Tautan-tautan Akses

AS

Obama Berencana Halangi Deportasi Jutaan Imigran Gelap


Dua orang tampak memasuki pusat penanganan imigran tak berdukumen, khususnya untuk para ibu dan anak, di Artesia, New Mexico, 10/9/2014.

Dua orang tampak memasuki pusat penanganan imigran tak berdukumen, khususnya untuk para ibu dan anak, di Artesia, New Mexico, 10/9/2014.

Perdebatan baru mengenai imigrasi memanas di Washington, di tengah-tengah laporan bahwa Presiden Barack Obama berencana melakukan tindakan sepihak yang akan melindungi sekitar lima juta imigran gelap dari deportasi.

Para pejabat yang mengetahui rencana tersebut mengatakan Presiden Obama bisa menyampaikan pengumuman itu sedini minggu depan, atau menunggu sampai bulan depan setelah Kongres menyetujui anggaran.

Kapan pun pengumuman tersebut akan disampaikan, langkah ini dijamin akan membuat marah anggota kongres dari Partai Republik, yang sudah mempersiapkan upaya untuk memblokirnya.

Ketua DPR John Boehner hari Kamis mengatakan bahwa anggota kongres akan “melawan mati-matian dengan segala cara yang ada” jika Presiden Obama meneruskan upaya demikian.”

Namun Presiden Obama hari Jumat mengatakan dalam kunjungannya di Myanmar bahwa “daripada mencurahkan banyak waktu untuk membatasi tindakan saya yang tidak melanggar hukum,” Partai Republik hendaknya “meluangkan waktu untuk meloloskan rancangan undang-undang” untuk mereformasi imigrasi.

XS
SM
MD
LG