Tautan-tautan Akses

AS

Keluarga Obama Bayar Pajak Lebih dari 162 Ribu Dolar AS


Keluarga Presiden Obama membayar pajak federal lebih dari 162 ribu dolar AS untuk pendapatan tahun 2011 (foto: dok).

Keluarga Presiden Obama membayar pajak federal lebih dari 162 ribu dolar AS untuk pendapatan tahun 2011 (foto: dok).

Pembayaran 162 ribu dolar untuk tahun 2011 itu merupakan tarif pajak 20,5 persen atas pendapatan keluarga Obama yang berjumlah hampir 790 ribu dolar AS.

Presiden Amerika Barack Obama dan isterinya, Michelle, membayar pajak tahun lalu lebih dari 162 ribu dolar, tarif pajak federal sebesar 20,5 persen atas pendapatan mereka yang berjumlah hampir 790 ribu dolar.

Gedung Putih merilis laporan pajak presiden Obama hari Jumat, di tengah perdebatan tentang tarif pajak yang menjadi salah satu isu kunci dalam pemilihan presiden Amerika tahun ini.

Presiden Obama dan Wakil Presiden Joe Biden selama pekan ini menyerukan tarif pajak minimal 30 persen bagi jutawan, yang dikenal sebagai "Aturan Buffett." Rencana itu akan menaikkan pajak pendapatan bagi mereka yang berpenghasilan minimal 1 juta dolar. Aturan itu mengambil namanya dari investor miliarder Warren Buffett, yang menyatakan adalah tidak adil ia membayar tarif pajak yang lebih rendah dari pada sekretarisnya.

Dalam pemilihan presiden November nanti, Presiden Obama kemungkinan bersaing dengan calon dari Partai Republik, multi-jutawan Mitt Romney, yang membayar tarif pajak 13,9 persen tahun 2010.

Menurut Gedung Putih, keluarga Obama memperoleh sekitar separuh pendapatan dari pendapatannya sebagai presiden sebesar 400 ribu dolar. Separuh lainnya dari penjualan buku-bukunya. Keluarga Obama juga dilaporkan menyumbang lebih dari 172 ribu dolar tahun lalu kepada 39 badan amal yang berbeda-beda.
XS
SM
MD
LG