Tautan-tautan Akses

AS

Obama Batalkan Kunjungan ke Malaysia


Presiden Amerika Serikat Barack Obama telah membatalkan kunjungan ke Malaysia pekan depan karena penghentian operasi parsial pemerintah AS, atau government shutdown.

Presiden Amerika Serikat Barack Obama telah membatalkan kunjungan ke Malaysia pekan depan karena penghentian operasi parsial pemerintah AS, atau government shutdown.

Perdana Menteri Najib Razak mengatakan Obama telah meneleponnya untuk mengatakan bahwa Menteri Luar Negeri John Kerry akan mewakilinya.

Presiden Amerika Serikat Barack Obama telah membatalkan kunjungan ke Malaysia pekan depan karena penghentian operasi parsial pemerintah AS, atau government shutdown, menurut Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, Rabu (2/10).

Obama dijadwalkan terbang Sabtu malam untuk kunjungan ke empat negara Asia yang juga termasuk Indonesia, Brunei dan Filipina. Perjalanan ini merupakan bagian dari fokus Obama yang lebih luas untuk meningkatkan hubungan ekonomi AS dengan Asia.

Perdana Menteri Najib mengatakan Obama telah meneleponnya untuk memberi informasi bahwa Menteri Luar Negeri John Kerry akan mewakili Presiden untuk berbicara di sebuah konferensi kewirausahaan di Kuala Lumpur pada 11 Oktober.

Obama akan menjadi presiden AS pertama yang mengunjungi Malaysia sejak Lyndon B. Johnson pada 1966.

Obama dua kali membatalkan kunjungannya ke Asia pada 2010, yang pertama karena harus tetap berada di Washington untuk menunggu pemungutan suara terkait undang-undang kesehatan yang dipromosikannya, dan kedua karena adanya tumpahan minyak masif di Teluk Meksiko.

Belum jelas apakah kunjungan Obama ke KTT APEC di Bali juga dibatalkan.

Penghentian operasi pemerintah AS berlaku mulai Selasa setelah Kongres melewatkan tenggat waktu untuk meloloskan anggaran pemerintah. (AP)
XS
SM
MD
LG