Tautan-tautan Akses

Obama Bahas Ukraina dan NATO di Polandia


Presiden AS Barack Obama dan Presiden Polandia Bronislaw Komorowski (kiri) melambaikan tangannya di Istana Belveder, Warsawa (3/6).

Presiden AS Barack Obama dan Presiden Polandia Bronislaw Komorowski (kiri) melambaikan tangannya di Istana Belveder, Warsawa (3/6).

Presiden Amerika Barack Obama berada di Polandia pada persinggahan pertama dari perlawatan ke tiga negara Eropa yang diperkirakan akan didominasi oleh pembicaraan tentang krisis Ukraina.

Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan Presiden Polandia Bronislaw Komorowski bertemu Selasa (3/6) di Warsawa setelah mengunjungi para pilot pesawat terbang dari kedua negara, yang merupakan bagian dari misi memberikan dukungan udara tambahan ke wilayah tersebut setelah aneksasi Krimea oleh Rusia. Pembicaraan mereka juga diperkirakan akan berfokus pada NATO dan hubungan Amerika-Polandia.

Bersama Presiden Polandia Bronislaw Komorowski di Warsawa, Selasa (3/6), Presiden Obama membahas dukungan untuk peningkatan kehadiran NATO di Eropa dalam menanggapi aneksasi Krimea oleh Rusia dan mengatakan "langkah-langkah tambahan" akan diumumkan kemudian.

Kedua presiden itu akan menjadi tuan rumah pertemuan yang lebih besar Selasa malam (3/6) dengan para pemimpin dari negara-negara Eropa dan Eropa Tengah. Obama juga dijadwalkan akan bertemu dengan Perdana Menteri Polandia Donald Tusk.

Kunjungan pemimpin Amerika itu dilakukan selagi Ukraina sedang terlibat pertempuran melawan separatis pro-Rusia. Dia akan bertemu dengan presiden terpilih Ukraina Petro Poroshenko sebelum meninggalkan Polandia, hari Rabu (4/6).
XS
SM
MD
LG