Tautan-tautan Akses

Obama Bahas Kemenangan di Kongres dalam Jumpa Pers Akhir Tahun


Presiden Barack Obama bersama staf Gedung Putih, saat merayakan kemenangan atas diratifikasinya perjanjian START oleh Senat AS.

Presiden Barack Obama bersama staf Gedung Putih, saat merayakan kemenangan atas diratifikasinya perjanjian START oleh Senat AS.

Presiden Obama merayakan yang disebutnya 'musim kemajuan', setelah Senat AS meratifikasi perjanjian pengawasan senjata dengan Rusia.

Presiden Amerika Barack Obama hari Rabu merayakan apa yang disebutnya sebagai "musim kemajuan" yang didukung oleh kedua partai dalam jumpa pers akhir tahun di Gedung Putih.

Komentar presiden itu disampaikan beberapa jam setelah Senat meratifikasi perjanjian pengawasan senjata dengan Rusia, meloloskan salah satu prioritas utama kebijakan luar negeri Obama sebelum akhir sesi legislatif.

Menyusul pemilu November lalu di mana partai Demokrat menderita kekalahan besar di Kongres, Obama mengatakan prestasi kedua partai di Kongres menunjukkan – meminjam kata-katanya -- "kita tidak ditakdirkan mengalami kebuntuan tanpa akhir."

Prestasi-prestasi itu juga termasuk pencabutan "Jangan Tanya, Jangan Beritahu," yakni kebijakan yang melarang homoseksual berdinas secara terbuka dalam militer. Obama menandatangani pencabutan itu hari Rabu, dan mengatakan itu merupakan hal yang benar dilakukan demi keamanan Amerika.

Presiden Obama mengatakan fokusnya selama dua tahun sisa masa jabatannya adalah ekonomi, dengan tujuan menurunkan pengangguran dan memastikan Amerika dapat bersaing di pasar internasional.

XS
SM
MD
LG