Tautan-tautan Akses

AS

Obama: AS akan Usahakan Perbaikan Bertahap di Kuba


Presiden AS Barack Obama berbicara dengan Presiden Kuba Raul Castro di sela KTT negara-negara Amerika di Panama City, Panama April lalu (foto: dok).

Presiden AS Barack Obama berbicara dengan Presiden Kuba Raul Castro di sela KTT negara-negara Amerika di Panama City, Panama April lalu (foto: dok).

Presiden Barack Obama mengatakan Amerika Serikat akan mengusahakan perbaikan bertahap di Kuba sampai Kongres Amerika mencabut embargo perdagangan terhadap negara itu.

Berbicara kepada para pemimpin bisnis hari Rabu (16/9) dalam pertemuan Business Roundtable di Washington, Presiden Obama mengatakan, ia tidak mengharapkan "terjadi perubahan dalam satu malam" di Kuba. Dia menambahkan bahwa menjalin kembali hubungan diplomatik dengan negara komunis itu akan membuka kesempatan untuk "perubahan generasi."

Selanjutnya, Obama menambahkan, "Saya rasa perubahan ini tidak akan terjadi dalam satu malam, tetapi saya yakin dengan melibatkan kembali Kuba, melibatkan rakyat Kuba, kita akan menciptakan lingkungan di mana perubahan generasi dan transisi akan berlangsung di negara itu. "

"Sebelum Kongres mencabut embargo perdagangan terhadap Kuba, ini akan merupakan proses bertahap," kata Obama.

"Proses ini akan mulai di bidang seperti telekomunikasi. Nantinya hal itu akan membuka kesempatan bagi munculnya kebebasan pribadi dan transisi politik jangka panjang," katanya.

Dikatakan selanjutnya, "Untuk saat ini, apa yang kita sampaikan adalah bahwa kita akan melihat langkah demi langkah apa yang bisa kita lakukan. Selama Kongres masih mengenakan embargo ini, ada beberapa hal yang tidak bisa kita lakukan, tetapi ada hal-hal tertentu yang dapat kita lakukan, misalnya membuka hubungan telekomunikasi," demikian kata Presiden Barack Obama.

Presiden Obama mengatakan Amerika juga akan terus mendesak Pemerintah Kuba untuk memperbaiki isu-isu kebebasan politik.

XS
SM
MD
LG